Hujan Deras, Kawasan  Sangkapura Pulau Bawean Dilanda Banjir

  • Share

BeritaGresik.com – Hujan deras yang mengguyur pulau Bawean  sejak pukul 22.00 WIB menyebabkan aliran sungai meluap hingga ke jalan raya, akibatnya banjir bandang melanda kawasan perkotaan di kecamatan Sangkapura Pulau Bawean kabupaten Gresik, Jumat (02/01/2024).

Pantauan di lapangan, kondisi banjir bandang yang melanda pulau Bawean kali ini yang terparah melanda dua desa yaitu desa Kotakusuma dan desa Sawahmulya. Seperti di kawasan Dusun Bengkosobung desa Kota Kusuma dan sekitarnya, ketinggian air hingga mencapai sekitar 1 meter.

Tak hanya meluap hingga ke jalan raya, air bah juga meluap hingga menerobos rumah-rumah warga. Tak ayal wargapun banyak berhamburan keluar rumah untuk berjaga-jaga lantaran takut banjir tak segera surut.

Tak hanya itu, banjir kiriman dari kawasan pegunungan ini nyaris menghanyutkan 2 unit sepeda motor yang parkir di halaman klinik Assyifa Medika di Dusun Daya Bata desa Sawahmulya. Namun beruntung salah satu petugas klinik dan keluarga pasien yang sedang rawat inap segera mendorong ke kawasan yang lebih aman.

Fahrul, salah satu warga desa Kotakusuma kecamatan Sangkapura berharap pemerintah desa tidak tutup mata atas musibah banjir yang selalu terjadi tiap tahun ini.

Menurutnya, pemerintah desa setempat seharusnya lebih memprioritaskan program normalisasi sungai melalui anggaran dana desa.

“Entah kapan pemerintah desa kami mau melakukan normalisasi sungai, ini kan musibah tahunan, seharusnya ada program untuk penanggulangan banjir melalui anggaran dana desa, “keluhnya saat berjaga di depan rumahnya.

Beruntung air mulai terlihat surut sekitar pukul 01.30 WIB. (abr)

  • Share
Exit mobile version