Bupati Gresik Tinjau Lokasi Banjir dan Longsor Bawean

  • Share
Bupati Gresik bersama rombongan saat meninjau jembatan rusak di desa Kelompang Gubug kec. Tambak

BeritaGresik.com –  Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani meninjau lokasi banjir di beberapa titik di Pulau Bawean. Bupati datang ke Pulau Bawean bersama Ketua DPRD Gresik Much Abdul Qodir bersama rombongan lainnya meninjau langsung beberapa lokasi yang rusak akibat banjir untuk diidentifikasi kerusakan rumah, fasilitas umum, akses jalan untuk dilakukan perbaikan secepatnya.

Salah satu lokasi yang disambangi Bupati Gresik bersama rombongan yaitu melihat kerusakan fasilitas umum imbas banjir bandang di Desa Patarselamat, Kecamatan Sangkapura, Pulau Bawean. Disana, Bupati melihat gudang perabotan, kantor balai desa serta Poskesdes yang terdambak banjir.

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani menjabarkan, pihaknya sengaja datang bersama OPD terkait beserta Ketua DPRD Gresik Much Abdul Qodir untuk serius menangani banjir Bawean. Meskipun dalam perjalanan ke Bawean, Bupati sempat mabuk laut akibat ombak yang cukup tinggi.

“Kami sudah melihat langsung kondisi dampak banjir dan longsor. Nantinya pihak terkait akan melakukan identifikasi bencana beserta rapat anggaran untuk perbaikan,” ucapnya, Minggu malam (5/3/2023).

Mantan Ketua DPRD Gresik itu, juga akan mendatangkan alat berat untuk penanganan longsor di beberapa titik di Pulau Bawean. Agar, penanganan bisa terealisasi dengan baik.

“Nantinya secara bergatian alat disiagakan disini. Secara bergantian melakukan penanganan longsor di Bawean. Termasuk petugas DPUTR dan DCKPKP akan siaga melakukan perbaikan fasilitasi umum yang rusak dan saluran air bersih bagi warga yang terdampak banjir, di Desa Patarselamat, dan Sawahmulya,”paparnya.

“Kalau ada bantuan dari Pusat Alhamdulillah. Kalau tidak, kita kerjakan sendiri,” tandasnya.

Di tempat yang sama Ketua DPRD Gresik Much Abdul Qodir mengatakan, pihaknya juga turut prihatin musibah banjir dan longsor di Bawean. Nantinya para kepala desa bisa mengajukan bantuan keuangan (BK) di DPRD Gresik untuk desa terdampak banjir.

“Nanti bisa dikomunikasikan bersama para anggota DPRD Gresik Dapil Bawean, bantuan BK ini bisa digunakan untuk desa terdampak banjir dan longsor,” paparnya diamini dua anggota DPRD Gresik Dapil Bawean, Bustami Khazim, dan Musa di lokasi balai desa Patarselamat.

Setelah dari Desa Patarselamat, Bupati beserta rombongan meninjau lokasi jembatan ambruk di Desa Sawahmulya, longsor di sekolah 357 Gresik, Desa Sungairujing, dan sungai serta rumah ambruk di Desa Daun, sebelum kembali kembali ke Gresik, Bupati juga menyempatkan melihat kerusakan jembatan di desa Kelompang Gubug kecamatan Tambak.

Dalam kunjungannya kali ini Bupati Yani juga memberikan ribuan bantuan sembako kepada warga terdampak banjir dan longsor di sela-sela meninjau lokasi banjir dan longsor di Pulau Bawean.  (abr)

banner 120x600
  • Share