Anggota MPR Ajak Generasi Muda Berperan Penting Wujudkan Nilai Pancasila

  • Share
Kegiatan sosialisasi empat pilar MPR RI bersama para staf dan pengajar MI Alhamidiyah, Kecamatan Pancung, Rembang, Kamis (29/01/2024). (Foto: Istimewa)

BeritaGresik.com – Anggota MPR RI Arwani Thomafi mengajak para generasi muda untuk berperan penting dalam mewujudkan nilai-nilai Pancasila. Hal itu penting utuk mengetahui bagaimana menjadi generasi yang baik, dan bertanggung jawab.

Ajakan itu disampaikan Arwani dalam kegiatan sosialisasi empat pilar MPR RI bersama para staf dan pengajar di MI Alhamidiyah, Kecamatan Pancung, Rembang, Kamis (29/01/2024).

“Nilai Pancasila juga penting ditanamkan sejak dini, agar generasi milenial selalu menerapkan nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, maupun nilai kerakyatan. Jangan sampai generasi milenial melupakan pedoman hidup Pancasila,” tuturnya.

Menurutnya, penerapan nilai Pancasila bagi generasi penerus bangsa sangat penting, sehingga mereka mampu memenuhi kewajiban sebagai warga negara untuk ikut serta dalam bela negara.

“Bela negara ini dalam rangka mewujudkan Indonesia lebih baik, dan untuk mempertahankan keberlangsungan hidup bangsa dan negara sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945,” ucapnya.

Adapun bela negara ini bisa berupa pendidikan kewarganegaraan melalui pembinaan kesadaran bela negara dengan menanamkan nilai-nilai dasar bela negara.

Selain itu, generasi muda Indonesia juga harus mengetahui tantangan dan peluang yang akan dihadapi serta pentingnya penguatan pola pikir agar dapat memahami konsep diri dalam bekerja dan memanfaatkan waktu sebagai peluang.

“Generasi muda juga tidak boleh acuh terhadap perkembangan dinamika kepemerintahan yang sedang berjalan dan harus berani mengkritik ketika pemerintah harus dikritik. Kaum muda harus memiliki prinsip untuk melakukan perubahan yang lebih baik,” pungkasnya. (as)

  • Share
Exit mobile version