413 Wisudawan UISI Gresik Dibekali Sertifikasi Profesi

  • Share

Rektor UISI Prof. Dr. Ing. Herman Sasongko mengungkapkan, mahasiswa yang diwisuda pada saat itu rata-rata mendapat nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,41 dengan lama studi delapan semester. Lalu, 60 wisudawan telah dibekali sertifikasi profesi nasional dan internasional.

“UISI sebagai kampus berbasis korporasi telah menerapkan outcome based education yang memperhatikan aspek perorangan,” jelas Herman dalam rilis berita yang diterima redaksi BeritaGresik.com.

Wakil Rektor I Bidang Tri Dharma UISI Prof. Fahimah Martak mengatakan, 413 mahasiswa yang dikukuhkan dalam wisuda kali ini berasal dari 10 program studi, di antaranya Akuntansi, Manajemen, Ekonomi Syariah, Informatika, Sistem Informasi, Desain Komunikasi Visual, Teknik Kimia, Teknologi Agroindustri, Teknik Logistik, serta program studi Manajemen Rekayasa.

Dia menilai, para wisudawan dan wisudawati UISI telah mengukir prestasi yang membanggakan selama menjalani masa kuliah. Hal itu terbukti sekitar 41% lulus dengan predikat cumlaude atau dengan pujian.

BeritaGresik.com – Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) mengukuhkan sebanyak 413 wisudawan dan wisudawati secara daring dan luring di Kampus B UISI, Gresik, Rabu (10/11/2021).

“Tahun ini sebanyak 91 wisudawan telah bekerja dan berwirausaha, 62% berwirausaha dan 38% bekerja bekerja di perusahaan terkemuka baik di tingkat lokal, regional maupun nasional,” jelasnya.

Untuk diketahui, selama tujuh tahun sejak didirikan UISI telah mampu mencapai peringkat 101 dari 2200 universitas di Indonesia dalam bidang kemahasiswaan yang dinilai oleh Ristekdikti.

Hal itu memperlihatkan bahwa UISI sebagai universitas baru memiliki daya saing dan sumber daya yang unggul, baik mahasiswa maupun dosen. Salah satu program unggulan yang dilaksanakan UISI adalah program sertifikasi profesi dan magang bersertifikat.

Total wisudawan dan wisudawati yang lulus dengan mengantongi sertifikasi keahlian baik sesuai standar nasional maupun internasional pada 2021 ini berjumlah 60 orang, dengan rincian Program Studi Ekonomi Syariah 16 wisudawan bersertifikasi Nasional Associate Wealth Planner atau AWP.

Selanjutnya, Program Studi Manajemen Rekayasa terdapat 1 wisudawan bersertifikasi Nasional BNSP – K3. Kemudian, Program Studi Teknik Logistik sebanyak 3 Wisudawan bersertifikasi Internasional Certified Supply Chain Analyst atau CSCA.

Ada juga Program Studi Sistem Informasi 6 wisudawan bersertifikasi Internasional Microsoft Ofiice Specialist atau MOS, Program Studi Informatika 4 wisudawan bersertifikasi Internasional Microsoft Certified Azure Data dan Program Studi Akuntansi 30 wisudawan bersertifikasi Teknisi Akuntansi Yunior oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Akuntansi Profesional.

Sedangkan wisudawan yang mengikuti program magang bersertifikat sebanyak 27 orang. Mereka mendapatkan pengalaman layaknya bekerja sebagai karyawan perusahaan. Perusahaan tempat bekerja dan magang antara lain PT Semen Indonesia, PT Pupuk Indonesia, PT Pegadaian, PT Pelindo, PT PLN, Bank Tabungan Negara, Pupuk Indonesia Energi, Behaestex, BLP Property.

Di antara para wisudawan yang mengikuti program magang juga dibekali materi penyusunan strategi karir untuk menyiapkan pemimpin masa depan. Materi itu diberikan oleh Direktur Human Capital and Legal Director PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk Tina T. Kemala Intan.

“Pemimpin dibutuhkan di semua lapisan, baik nantinya akan memilih berwirausaha maupun menjadi karyawan. Ada beberapa faktor yang diperhatikan saat bekerja, yaitu potensi intelektual, karakter, kesehatan mental, dan tubuh,” papar Tina. (abr)

  • Share
Exit mobile version