Gerilya Djadoel Pamerkan Ratusan HP Jadul di Gresik

0
540 views
Komunitas Gerilya Djadoel pamerkan ratusan HP Jadul di depan pendopol Alun-alun Gresik, Minggu (8/1/2017). (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.com – Komunitas handphone (HP) jadul (jamam dulu) yang bernama Gerilya Djadoel memamerkan ratusan koleksi HP jadul miliknya di depan Pendopo Alun-alun Kabupaten Gresik, Minggu (8/1/2017).

Komunitas yang terdiri anggota dari tiga daerah yaitu Gresik, Lamongan dan Surabaya ini mencoba memperkenalkan beragam HP jadul kepada masyarakat, sekaligus agar bisa bernostalgia dengan HP yang pernah dimilikinya dulu.

Pameran yang dimulai dari pukul 9 pagi ini setidaknya memamerkan berbagai merk HP seri lama seperti Nokia, Ericsson, Siemens, Motorola, Philips dan berbagai merek jadul lainnya.

“Kegiatan ini merupakan rangkaian acara dari kopdar ke-6 komunitas HP jadul Gerilya Jadoel di Gresik. Setidaknya ada 80-an anggota kami yang tersebar di 3 kota. Semuanya pasti punyai HP jadul lebih dari 1,” Kata Arif Rahman (29), Ketua Komunitas HP Jadul Gerilya, Minggu (8/1/2017).

Arif menjelaskan, selain kegiatan kumpul-kumpul, pameran itu juga ditujukan untuk memperkenalkan kepada masyarakat bahwa HP jadul ini masih eksis dan bisa digunakan untuk sms dan telpon sehari-hari.

“Selain itu, komunitas kami juga mempunyai misi bahwa rencananya bakal ada rumor bahwa jaringan 2G untuk hp tipe lawas bakalan dihapus, dan kami berharap itu tidak terjadi sehingga HP kenangan ini masih bisa aktif,” ucapnya.

Ditanya apa yang membuat ia bisa tertarik pada HP jadul, Arif mengatakan bahwa desain pada HP jadul lebih bervariasi, beda dengan HP zaman sekarang seperti HP Android yang hanya berbentuk kotak saja.

“Desainnya itu berbeda beda, ada yang kotak, lipat, digeser, ada yang berbentuk ketupat, ada yang memakai antena, mirip laptop dan lain sebagainya yang membuat unik HP jadul ini,” terangArif.

Sementara itu Puspita Sari, satu-satunya wanita yang tergabung di komunitas ini mengaku tertarik dengan hp jadul lantaran ketahanan bahan serta kekuatan sinyal dan desainnya yang tidak pasaran.

“HP milik saya Nokia tipe 2010 ini bandel dari segi bahan dan disain, kekuatan sinyal serta ketahanan baterainya bisa diandalkan sekaligus langka,” ujar Puspita, salah satu anggota komunitas HP Jadul.

Selain pameran dan kopi darat, komunitas ini juga menjual berbagai tipe HP jadul dalam berbagai model, seperti Nokia Communicator tipe 9000 yang dihargai sampai Rp 10 juta lebih dan Ericsson tipe R290 Satelit kisaran harga Rp 5 juta ke atas.

“kalau yang dijual itu relatif, tergantung dari kelangkaan dan kondisi barang. Kalau cuma cari yang biasa saja kisaran harga Rp 100 ribu juga ada, dan semua bisa di sesuaikan dengan budget si penyuka HP jadul,” pungkasnya. (wan)