West Ham Gasak Liverpool di Anfield

0
408 views

BeritaGresik.com – Setelah Arsenal ditekuk di Emirates Stadium pada laga perdana musim 2015/16, West Ham United kembali membuat kejutan dengan mencuri kemenangan di kandang Liverpool, Sabtu (29/8) malam WIB.

Bertanding dengan status tidak diunggulkan, West Ham bermain lepas dan cerdik untuk bisa membukukan kemenangan 3-0.

Hasil tersebut membuat perolehan angka West Ham menjadi enam angka dari empat laga yang sudah dijalani, tertinggal satu poin dari Liverpool yang harus kehilangan catatan clean sheets mereka di laga ini.

Babak I

Liverpool langsung mendapat kejutan ketika laga baru berjalan tiga menit. Serangan pertama mereka berujung pada gol setelah umpan Dimitri Payet berhasil dijauhkan Martin Skrtel dengan sundulannya.

Bola kemudian jatuh ke kaki Cresswell, yang langsung menyodorkan bola kepada Lanzini untuk dituntaskan dengan tendangan keras. 1-0 Liverpool tertinggal dari West Ham.

Di menit sembilan, Liverpool nyaris menyamakan kedudukan saat tendangan keras Roberto Firmino dari luar kotak penalti hanya mengenai mistar gawang West Ham.

Dalam penguasaan bola, Liverpool dalam situasi memimpin. Tapi skuat besutan Brendan Rodgers kesulitan menembus pertahanan West Ham.

Di menit 29, memaksimalkan kesalahan Dejan Lovren, West Ham menggandakan keunggulan mereka. Lanzini bisa merebut bola dan menyodorkan ke tengah kotak penalti untk dituntaskan Mark Noble. Gawang Simon Mignolet pun kemasukan dua gol pertamanya di musim ini.

Liverpool terus berusaha membalas, tapi belum sukses juga meneroboso lini pertahanan West Ham yang bermain disiplin. Aksi individu Firmino dan Philippe Coutinho juga masih belum bisa membuahkan hasil. Skor 2-0 untuk keunggulan West Ham bertahan hingga turun minum.

Babak II

Tertinggal dua gol membuat Rodgers mengubah skema bermain timnya. Pemain belakang dirampingkan menjadi tiga pemain, dengan Skrtel, Lovren dan Gomez yang jadi andalan.

Di menit 49, Coutinho mencoba peruntungannya dengan melepas tendangan jarak jauh, tapi arahnya masih jauh dari gawang.

Tiga menit berselang, Coutinho harus meninggalkan lapangan karena kartu merah. Gelandang asal Brasil itu dianggap melakukan pelanggaran berbahaya kepada Payet, yang berujung kartu kuning kedua untuknya.

Dengan bermaterikan sepuluh pemain, Rodgers pun kembali mengubah skema bermain timnya. Benteke pun mendapat kesempatan pertamanya di menit 59, tapi bisa diblok pemain West Ham.

Sementara tim tamu, yang kerap tertekan, masih mengandalkan serangan balik cepat untuk memberikan ancaman. Hingga satu jam laga berjalan, gawang Mignolet masih aman.

Untuk menambah daya gedor, Firmino ditarik keluar dan Danny Ings dilibatkan dalam permainan. Ings langsung memberikan kontribusi lewat umpan kepada James Milner, tapi tendangannya masih melebar.

Di menit 78, kartu merah kembali dikeluarkan wasit. Adalah Mark Noble yang harus meninggalkan lapangan karena dianggap melanggar Ings dengan berbahaya. Pemain West Ham lainnya melakukan protes keras, tapi wasit bergeming dengan keputusannya.

Slaven Bilic pun memilih untuk bermain lebih defensif dengan menarik keluar Lanzini dan memasukkan Oxford.

Wasit memberikan tambahan waktu tujuh menit untuk Liverpool bisa membalas, namun West Ham bisa dengan sangat baik mempertahankan keunggulan.

Bahkan di masa injury time, Diafra Sahho bisa mempertegas keunggulan West Ham dengan golnya lewat tendangan kaki kiri, melewati selangkangan Skrtel dan jauh dari jangkauan Mignolet. West Ham pun meraih tiga angka penuh dari Anfield.

Susunan Pemain:
LIVERPOOL –
Mignolet, Clyne, Skrtel, Lovren, Gomez, Can, Lucas, Milner, Firmino, Benteke, Coutinho

Subs: Sakho, Moreno, Origi, Ings, Ibe, Bogdan, Rossiter

WEST HAM – Randolph, Tomkins, Reid, Ogbonna, Cresswell, Kouyate, Obiang, Noble, Lanzini, Sakho, Payet

Subs: Jarvis, Spiegel, Oxford, Cullen, Samuelsen, Lee, Knoyle