Tim Voli Putra Indonesia Kalah dari Kazakhstan

0
36 views
Tim voli putra Indonesia saat melawan tim voli putra dari Kazakhstan di GOR Tri Dharma Gresik. (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.com – Tim voli putra Indonesia harus mengakui keunggulan Kazakhstan dengan skor 2-3 (25-23, 25-27, 21-25, 25-21, dan 13-15), dalam pertandingan keduanya di kejuaraan Bola Voli Asia 2017 di GOR Tri Dharma, Gresik, Jawa Timur, Selasa (25/7/2017).

Kendati kalah dari tim voli Kazakhstan, pelatih tim voli putra Indonesia Samsul Jais mengaku puas dengan penampilan anak didiknya. Hal itu dikarenakan level permainan Kazakhstan dikatakan Samsul setingkat di atas Ardian Sigit dan kawan-kawan.

“Saya puas dengan pertandingan tadi, meski kami kalah. Itu karena para pemain Kazakhstan punya postur yang jauh lebih tinggi dan lebih berpengalaman,” kata Samsul dalam jumpa pers selepas pertandingan.

“Apalagi, beberapa kali anak-anak juga kurang beruntung dalam finishing. Tapi ini pelajaran berharga buat kami, untuk menghadapi pertandingan berikutnya,” ujarnya.

Meski kalah, namun Ardian Sigit dan kawan-kawan sebenarnya memberikan perlawanan sengit kepada tim Kazakhstan yang lebih berpengalaman, karena sempat mencicipi pertandingan di tingkat dunia.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh manajer tim voli putra Indonesia, Kombes Pol. Nanang Masbudi. Meski kalah, namun ada pelajaran berharga yang didapatkan oleh Ardian Sigit dan kawan-kawan dalam laga tersebut.

“Hari ini kita kalah dari Kazakhstan, tapi nggak apa-apa. Sebab ada progress bagus, bagaimana kita lebih siap dalam menghadapi tim lebih kuat. Apalagi, Kazakhstan sudah pernah ikut kejuaraan dunia,” tutur Nanang.

Dalam pertandingan selanjutnya, Indonesia dijadwalkan bakal menghadapi Qatar Rabu (25/7/2017) besok di tempat yang sama. Pada laga ini, Indonesia diwajibkan menang untuk bisa membuka peluang lolos ke babak delapan besar.

“Lawan Qatar merupakan pertandingan hidup-mati. Saya harap anak-anak bisa berjuang keras di pertandingan besok, meski averate Qatar di atas kita. Harus menang, karena hanya yang menang yang akan lolos ke babak selanjutnya,” ucap dia.

Pelatih tim voli putra Kazakhstan Igor Nikolchaenko menyatakan, tim asuhannya tidak meraih kemenangan atas Indonesia dalam laga keduanya di kejuaraan voli Asia 2017 secara mudah.

Dalam pertandingan yang dilaksanakan di GOR Tri Dharma, Gresik, Jawa Timur, Selasa (25/7/2017) petang, Kazakhstan berhasil menang dengan skor 3-2 (23-25, 27-25, 25-21, 21-25, dan 15-13) atas Indonesia.

“Ini pertandingan yang tidak mudah. Kami sempat kecolongan di set pertama, meski kami kemudian bisa bangkit dan meraih set kedua. Tapi secara keseluruhan, Indonesia berikan perlawanan bagus,” tutur Igor, selepas pertandingan.

Ia pun menjelaskan, para pemainnya pun sempat tidak bisa mengontrol emosinya, sehingga Indonesia mampu memenangi set keempat dan sempat menyamakan kedudukan menjadi 2-2. Meski di set penentuan, Kazakhstan akhirnya mampu mengakhirinya dengan keunggulan.

“Tadi para pemain juga sempat sedikit emosi dan lepas kontrol, dan itu sempat mempengaruhi permainan,” kata dia.

Lebih lanjut, Igor juga memuji penampilan tim Indonesia yang dianggapnya memiliki kemampuan untuk bersaing dalam kontestan lain. Terlebih, dirinya juga mendengar Indonesia bakal berpartisipasi di SEA Games 2018.

“Indonesia punya pelatih bagus, dia juga sempat lakukan pergantian pemain dengan tepat dalam pertandingan tadi. Kalau tim ini untuk persiapan SEA Games, saya kira mereka akan berbicara banyak di event itu,” ucap Igor.

Dengan kemenangan atas Indonesia, Kazahkstan kini memimpin klasemen sementara grup A dengnan dua kali mengoleksi kemenangan. Baru kemudian disusul oleh Qatar, Indonesia, dan Arab Saudi di posisi terakhir. (wan)