Terkait Kerusuhan, Menpora: Berikan Sanksi Tegas

0
646 views
(Foto: Media Officer)
(Foto: Media Officer)

BeritaGresik.com – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mengimbau PT Gelora Trisula Semesta (GTS) selaku penyelenggara Liga TSC 2016 memberikan sanksi tegas terkait dengan kerusuhan suporter dalam laga Persegres Gresik Vs PS TNI, Minggu (22/5).

“Berilah sanksi tegas tanpa pandang bulu, seperti ini didorong bersama agar operator tegas, misalnya penurunan poin, pemberian denda, atau bahkan mengeluarkan klub dari kompetisi,” kata Menpora di Jakarta, Rabu (25/5/2016).

Dia mengingatkan agar kejadian seperti itu tidak terulang lagi di laga-laga selanjutnya. Apalagi, menurut dia saat ini pemerintah ingin ada reformasi menyangkut tata kelola sepak bola setelah pembekuan PSSI dicabut.

Dalam menindak pelaku kerusuhan, politisi dari PKB itu juga meminta kepada penyelenggara liga melibatkan aparat hukum. Tindakan itu harus dilakukan supaya korban kerusuhan suporter tidak terus bertambah.

“Setiap kerusuhan harus langsung dilaporkan dan ditindak hukum pidana dengan tegas tanpa menunggu laporan dari panitia pelaksana, karena panpel mungkin takut akan ancaman,” ujarnya.

Senada dengan Menpora, Ketua Komisi X DPR Teuku Riefky Harsya, juga mengharapkan agar penyelenggara bekerjasama dengan aparat penegak hukum menindak tegas provokator dan oknum pelaku kerusuhan.

“Sanksi lain kalau ada masalah misalnya denda atau yang sesuai aturan dijalankan dan ditegakkan,” ucapnya. (as/antara)