Gresik Petrokimia Targetkan Poin Penuh di Kandang

0
1,014 views
Dua pemain asing tim voli putri Gresik Petrokimia. (Foto: BG/Wan)
Dua pemain asing tim voli putri Gresik Petrokimia. (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.com – Tim bola voli putri Gresik Petrokimia memasang target meraih poin penuh saat menghadapi tim tamu, yakni PGN Popsivo dan Bekasi PBV pada Putaran Pertama Seri lI Proliga 2016. Ajang bola voli bergengsi ini akan berlangsung di Sarana Olahraga (SOR) Tri Dharma besok, 26-28 Februari 2016.

Pada laga perdana di Gedung olahraga (GOR) Ken Arok, Malang 20 Ferburari 2016 lalu, Gresik Petrokimia memang belum bisa mendapatkan poin. Kalah 3-0 atas lawannya Jakarta Pertamina Energi. Namun, saat ini tim Gresik disebut sudah menemukan strategi yang lebih ampuh.

“Dari hasil evaluasi pelatih, kita sudah punya strategi khusus menghadapi tim voli PGN Popsivo dan Bekasi PBV,” ungkap Ketua Umum Tim Bola Voli Gresik Petrokimia, Heri Widyatmoko, dalan jumpa pers, Kamis (25/2/2016).

Di ajang Proliga tahun ini, pihaknya memasang target proporsional. Karena pesertanya ada lima tim, sang pelatih menargetkan Gresik Petrokimia masuk tiga besar. Sedangkan target dari para pengurus adalah masuk grand final.

Heri Widyatmoko menilai, masih ada lawan yang cukup berat dalam Proliga tahun ini, yaitu tim bola voli Jakarta Electric dan Jakarta Pertamina Energi.

“Memang kita lebih mengutamakan unsur pembinaan. Sehingga dari sisi pemain, saat ini banyak pemain muda yang butuh banyak pertandingan untuk mengasah mental. Pro Liga ini ajang peningkatan jam terbang mereka,” ujar Heri.

Pada seri I lalu, mental pemain dinilai belum siap. Pada set ketiga, semangat bertanding pemain nulai meningkat dan kompak. Hanya, waktu itu dinilai kalah supporter. Karena itu, dia memastikan adanya dukungan penuh dari supporter pada pertandingan Seri II kali ini.

Pengurus akan mendatangkan sekitar 400 pelajar dari SMA di Kebomas dan Manyar untuk mendukung Gresik Petrokimia. “Mudah-mudahan kita bisa mengambil poin penuh dari PGN Popsivo dan Bekasi PBV, mumpung di kandang sendiri,” pungkas Heri Widyatmo.

Kali ini, Heri makin optimistis karena Gresik Petrokimia juga punya tambahan kekuatan dari dua pemain asing. Sebagai andalan, amunisi pemain asing tersebut adalah Lisbet Arredondoreyes (dari Kuba). Pemain ini telah memperkuat Gresik Petrokimia sejak tahun lalu.

Kemudian, Alaina Bergsma (Amerika Serikat) yang memperkuat tim di Amerika Serikat. Alaina sempat jadi perbincangan hangat di media nasional, karena pernah menjadi Miss oregon 2012. Alaina sudah beradaptasi sejak pertandingan seri pertama di Malang lalu.

Kedua pemain asing itu dipandang cukup menjadi kekuatan. Kali ini, Petro berharap Lisbet dan Alaina dapat bermain maksimal. Sebab pelatih melihat performance sudah bagus, hanya saja kalah pengalaman dan supporter. “Kekalahan kemarin menjadi pelajaran bagi kami,” terangnya.

Heri Widyatmoko mengungkapkan, upaya PT Petrokimia Gresik membina cabang olahraga voli ini sebagai bentuk pertanggungjawaban sosial atau Corporate Social Responsibility (CSR).

“Misi kita paling utama adalah membina pemain-pemain muda ini. Kita talent scouting, mencari bibit-bibit dari seluruh Indonesia. Bukan hanya dari Jawa Timur, ada yang dari Riau atau Bandung. Kita training di sini, mulai dari SMP sampai perguruan tinggi,” ucapnya.

Dengan begitu, PG diharapkan bisa memberikan kontribusi pada tim Pekan Olahraga Nasional (PON) atau tim nasional. Beberapa pemain Gresik Petrokimia juga sudah ada yang masuk ke tim PON maupun tim nasional. (wan)