Serunya Lomba Slalom Becak di Gresik

0
167 views
Lomba slalom becak yang digelar KWG bekerjasama dengan Satlantas Polres Gresik. (Foto: BG/Kurniawan)

BeritaGresik.com – Sebanyak 60 abang becak dari berbagai wilayah di Kabupaten Gresik mengikuti lomba slalom becak yang diadakan Komunitas Wartawan Gresik (KWG) bekerjasama dengan Satlantas Polres Gresik, di Gresik, Kamis (16/3/2017).

Lomba slalom becak ini dihelat dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2017. Kegiatan ini digelar di sepanjang Jalan Basuki Rahmat Gresik, tepatnya di depan Sekretariat KWG. Kegiatan ini dibuka oleh Kasat Lantas Polres Gresik AKP Anggi Saputra Ibrahim.

Puluhan abang becak saat slalom secara bergantian memperagakan kepiawaian mereka dalam bermanuver slalom. Tidak sedikit di antara mereka yang sukses dalam memeragakan slalom.  Mereka mengayu becak dengan dua roda posisi miring melintasi rintangan sepanjang 400 meter.

Kasatlantas Polres Gresik AKP Anggi Saputra saat mengayuh becak. (Foto: BG/Kurniawan)

Namun, banyak juga dari para peserta yang jatuh, sehingga becak yang mereka naiki terguling. Lomba slalom becak yang diikuti puluhan peserta ini berlangsung cukup meriah. Pelaksanaan slalom yang dimulai pukul 08.00-11.00 WIB berjalan tertib.

Panitia lomba slalom becak melengkapi para peserta slalom dengan helm, deker tangan dan kaki agar peserta tidak cidera saat terjatuh. Juara I lomba slalom diraih oleh Wadi dengan skor 9. Dia berhak mendapatkan hadiah utama uang tunai Rp 1 juta.

Kemudian, juara II diraih Sardi dengan skor 8, sehingga berhak mendapatkan hadiah uang sebesR Rp 750 ribu. Sementara juara  III diraih oleh Gunawan dengan skor 7, sehingga berhak mendapatkan Rp 500 ribu.

Selain itu, ada tiga juara harapan. Untuk harapan I diraih Gunawi dengan skor 6, harapan II diraih Syafii dengan skor 5 dan harapan III diraih Gunawan dengan skor 4. Ketiganya berhak mendapatkan hadiah uang tunai masin-masing Rp 250 ribu.

Dalam lomba slalom becak tersebut juga disiapkan hadiah hiburan berupa tiga roda becak dan makanan ringan yang dibentuk melingkar. Tiga peserta slalom yang berhak mendapatkan hadiah hiburan roda becak adalah, Sarto,  Kasturi, dan Talim.

Tak hanya itu, dalam lomba slalom becak, pihak KWG juga memberikan uang transport kepada 60 peserta. Mereka masing-masing mendapatkan uang senilai Rp 50 ribu sebagai pengganti bekerja selama berlangsungnya lomba slalom.

Sebelumnya, Kasat Lantas Polres Gresik AKP Anggi Saputra dalam sambutannya menyatakan, bahwa abang becak merupakan salah satu komponen masyarakat yang beraktivitas di jalan raya dengan menggunakan becak. Karena itu, mereka diimbau untuk mentaati semua aturan berlalu lintas dan budaya tertib.

Dia juga menghimbau kepada para abang becak agar hati-hati dalam beraktivitas. Sebab, mereka memiliki keluarga yang tengah menunggu.” Hati-hati kalau beraktivitas. Jangan sampai terjadi kecelakaan, karena istri dan anak menunggu di rumah,” pesannya.

Kasat juga mengapresiasi KWG yang telah memiliki kepedulian besar terhadap para abang becak dengan mengadakan lomba slalom. “Kami bangga dengan KWG dan sangat apresiatif terhadap kegiatan lomba slalom,” pungkasnya. (wan)