Nuansa Religius di Balik Kemenangan Persegres

0
943 views
Suasana sholat tarawih di Stadion Tri Dharma Petrokimia. (Foto: Muharom/Ultras)
Suasana sholat tarawih di Stadion Tri Dharma Petrokimia. (Foto: Muharom/Ultras)

BeritaGresik.com – Gresik dijuluki Kota Santri, sehingga tak heran jika sampai saat ini nilai religi di kota ini masih terjaga kuat. Setidaknya pemandangan itu tertangkap menjelang pertandingan Persegres kontra Sriwijaya FC di Stadion Tri Dharma Gresik, Minggu (12/6/2016).

Puluhan petugas keamanan gabungan dari Polres Gresik, Brimob, Kodim, Satpol PP serta Panpel menyempatkan shalat tarawih di pinggir lapangan.

Kondisi saat itu memang memungkinkan bagi para petugas keamanan untuk menggelar sholat tarawih berjamaah, sebab jam kick off pertandingan baru dimulai pada pukul 21.30 WIB.

Mengetahui hal ini, Bupati Gresik Sambari Halim Radianto yang menyaksikan secara langsung pertandingan di stadion waktu itu mengaku sangat respek.

Wajar jika orang nomor satu di Kota Pudak tersebut memberikan respek, sebab menjelang Ramadan dirinya sempat mengeluarkan himbauan untuk melaksanakan shalat berjamaah.

“Himbauan ini kami tujukan kepada seluruh anggota Aparatur Sipil Negera (ASN), TNI, Polri, Lembaga Negera, Instansi vertical, BUMN, BUMD, Perusahaan swasta, lembaga masyarakat, Sekolah, Pondok pesantren, Rumah sakit, Puskesmas, serta berbagai kalangan komunitas profesi”, jelas Sambari.

Aksi religi kembali dipertunjukan oleh anggota Polres Gresik seusai pertandingan. Puluhan polwan secara serentak membaca sholawat yang diringi dengan musik rebana. Penampilan para Polwan ini diparesiasi pihak manajemen Persegres.

“Ini kegiatan positif yang dapat memperkuat citra Gresik sebagai Kota Wali,” ucap manajer Persegres, Bagus Cahyo Yuwono. (fhm/as)