PBR Tundukkan Gresik United 2-0

0
660 views

BeritaGresik.com – Persipasi Bandung Raya menutup kiprah mereka di turnamen Piala Presiden dengan kemenangan atas Gresik United. Dalam duel yang tak menentukan apa pun ini, PBR sukses mengirim pulang Gresik dengan tangah hampa karena tak meraih satu poin pun.

Kedua tim sama-sama berusaha tampil maksimal, namun kreativitas serangan jadi pembeda di laga ini. Di mana PBR arahan pelatih Dejan Antonic mampu membobol dua kali gawang Gresik kawalan Muhammad Ridwan, lewat sundulan Nova Arianto dan sepakkan dari David Laly.

Babak Pertama

Persipasi Bandung Raya memulai laga dengan meyakinkan, agresivitas lini kedua tim arahan Dejan Antonic kerap sukses menembus jantung pertahanan dari Gresik United di menit-menit awal. Namun penyelesaian akhir yang belum sempurna membuat gawang Gresik kawalan M Ridwan aman.

Yongki Aribowo yang jadi andalan PBR di lini depan beberapa kali mendapat kesempatan emas. Menit 12′, umpan silang dari Rahmat Hidayat dari sisi kiri mampu disambar oleh Yongki.

Sayangnya, bola tak mengarah ke gawang yang sudah kosong. Beberapa menit kemudian, giliran Rahmat yang gagal menyempurnakan aksinya dengan gol, meski sudah mampu melewati Ridwan.

Gol yang ditunggu akhirnya datang, lewat sepak pojok Kim Kurniawan, Nova Arianto yang berdiri di tiang dekat menyambut umpan dari Kim. Bola yang disundul dengan kepala belakang pun mulus meluncur di antara dua kaki dari Ridwan. Menit 18′,  The Boys Are Back unggul 1-0.

Gresik yang diperkuat oleh Bima Sakti dan kawan-kawan mencoba bangkit. Serangan kerap digalang oleh M Kamri dan Riko Simanjuntak, namun pertahanan dari PBR cukup sulit untuk ditembus.

Di samping itu, Deniss Romanovs cukup cerdik memotong umpan ke kotak penalti yang diarahkan kepada Herman Dzumafo. Hingga paruh pertama usai, skor 1-0 untuk PBR tak berubah.

Babak Kedua

Usai turun minum, tak ada perubahan signifikan dari segi permainan yang diperlihatkan kedua tim. Pelatih Gresik, Liestiadi, melakukan pergantian di mana Yusuf Effendi masuk menggantikan Kacung Khoirul.

Menit 56′, Riko Simanjuntak merangsek masuk ke kotak penalti dari PBR, namun akselerasinya gagal membuahkan kans sebagaimana laju dari  winger mungil tersebut dihentikan oleh Hermawan.

Menit ke-64, Nova yang mencetak gol bagi PBR tak bisa melanjutkan pertandingan sehingga digantikan oleh Dolly Gultom. Gavin Kwan yang tampil cukup baik juga digantikan oleh Ghozali Siregar.

Belum semenit Ghozali tampil, ia seudah mendapat peluang emas ketika menerima umpan terobosan Yongki Aribowo. Sayang bola yang ia lepaskan masih bisa diselamatkan oleh Agus Nova – sehingga gagal bersarang di gawang Gresik.

PBR memilih untuk bermain sabar dan mengandalkan serangan balik. Hasilnya justru bagus, lewat penetrasi sisi kanan, Ghozali berlari kencang dan mengirimkan umpan silang terukur ke kotak penalti.

Gaston Castano gagal menyambut bola. Namun, ada David Laly yang berdiri di sisi kiri, mengontrol bola dan melesakkannya ke gawang kawalan Ridwan. PBR pun unggul 2-0 menit 80′.

Gresik yang coba mengejar ketertinggalan, atau setidaknya memperkecil kekalahan, sulit untuk berkembang. Skor 2-0 untuk PBR pun bertahan hingga laga berakhir. Dengan demikian,  Laskar Joko Samudro harus pulang dengan tangan hampa.

Susunan Pemain

Gresik : Muhammad Ridwan; Supriono, M Rifki, Agus Nova, Romy Agustiawan; Bima Sakti, Kacung Khoirul, Supriyono Salimin, M Kamri, Riko Simanjuntak, Herman Dzumafo.
Cadangan : Aji Saka, Fahrizal Dillah, Wismoyo Widhistio, Kabib Syukron, Rendy Siregar, Yusuf Effendi, David Faristian.

Persipasi   BR : Deniss Romanovs; Leonard Tupamahu, Nova Arianto, Hermawan, Riyandi Putra; Hanif Abdurrauf, Kim Kurniawan; David Laly, Rahmat Hidayat, Gavin Kwan; Yongki Aribowo.
Cadangan : Muhammad Sabilillah, Dallen Ramadhan, Leo Guntara, Ghozali Siregar, Dolly Gultom, Gaston Castano, Dibyo Previan.