Persegres-Ultras Didenda Rp20 Juta, PS TNI Rp50 Juta

0
690 views
Suasana bentrok suporter Ultras Gresik vs suporter PS TNI, 22 Mei 2016. (Foto: Media Officer)
Suasana bentrok suporter Ultras Gresik vs suporter PS TNI, 22 Mei 2016. (Foto: Media Officer)

BeritaGresik.com – Sidang Komisi Disiplin Indonesia Soccer Championship akhirnya memberikan keputusan final terkait kerusuhan antara suporter Persegres Gresik United dengan PS TNI yang terjadi beberapa waktu yang lalu.

Komdis memberikan sanksi serta hukuman denda kepada Persegres sebesar Rp 10 juta. Denda ini diputuskan Komdis dengan merujuk pasal 61, 69 dan 70 Kode Disiplin ISC. Persegres dinilsi melanggar pasal 60 huruf a, b dan c.

Tak hanya itu, melalui rujukan pasal 10, 69 dan 70, Komdis juga menghukum suporter Ultras Gresik dengan peringatan keras serta denda sebesar Rp 10 juta. Dalam hal ini, Ultras dinilai melanggar pasal 51 Kode Disiplin ISC.

Ketua Panpel Persegres Choirul Anam mengatakan, pihaknya merasa dirugikan dengan sanksi dan denda itu, karena selama ini pihaknya telah bekerja sesuai prosedur untuk menggelar pertandingan yang tertib, aman dan lancar.

Hanya saja, terang Anam, saat melawan PS TNI kondisinya diluar kendali. Selain itu, Persegres juga merasa tidak puas atas keputusan itu, karena dalam salinan keputusan Komdis disebutkan Persegres tidak dapat mengajukan banding.

“Dalam Kode Disiplin pasal 113 disebutkan bahwa kami tidak bisa melakukan banding mengenai sanksi dan hukuman denda yang telah diputuskan oleh Komdis. Ini yang kami sayangkan,” kata Anam, Sabtu (4/6/2016).

Komdis juga menjatuhkan sanksi dan hukuman denda kepada PS TNI sebesar Rp 50 juta serta larangan suporter PS TNI memberikan dukungan langsung kepada timnya saat menjalani pertandingan away (tandang) sebanyak dua kali. (as)