Kenalkan Wisata Gresik Lewat Gowes Pesona Nusantara

0
39 views
Peserta Gowes Pesona Nusantara (GPN) di Kabupaten Gresik yang digelar Kemenpora. (Foto: BG/As)

BeritaGresik.com – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengadakan event Gowes Pesona Nusantara (GPN) di Kabupaten Gresik, Minggu (3/9/2017). Kegiatan yang diikuti sekitar 1.500 peserta ini sekaligus untuk mengenalkan potensi wisata yang terdapat di Kota Pudak.

Selain dari masyarakat Gresik, para peserta event bertajuk “Etape Joko Samudro” juga terdiri atas perwakilan dari Kemenpora. Tanpak juga Bupati Gresik Sambari Halim Radianto dan Wakil Bupati Moh. Qosim. Mereka gowes menempuh jarak sejauh 20 km.

Menurut Sambari, kegiatan GPN yang saat ini diselenggarakan di Kabupaten Gresik tidak hanya untuk berolahraga semata, namun para peserta dan perwakilan dari Kemenpora juga mengunjungi sejumlah lokasi wisata yang ada di Kota Gresik.

“Selain melintasi jalan utama di Gresik, para peserta juga kami ajak menikmati pemandangan kota tua. Salah satunya adalah dengan menyaksikan rumah yang terkenal dengan sebutan Gajah Mungkur, tepatnya di daerah Kemuteran Gresik,” ujar Sambari.

Selain itu, para perwakilan dari Kemenpora juga diajak berwisata religi. Mereka mengunjungi makam Maulana Malik Ibrahim yang terletak di Gapurosukolilo Gresik, yang dulunya merupakan penyebar agama Islam di wilayah Gresik.

Pada acara gowes tersebut juga dilaksanakan penyerahan segumpal tanah dari petilasan giri kedaton. Tanah yang dikumpulkan dari berbagai kota dan kabupaten yang menggelar GPN akan disatukan dalam sebuah tugu di Magelang.

“Hal tersebut merupakan simbol pemersatu bangsa. Yang mengacu pada jargon Bhinneka Tunggal Ika. Walaupun berbeda tetapi tetap satu juga,” imbuh Bupati Sambari.

Wakil Bupati Moh. Qosim menambahkan, tujuan dari event ini adalah agar olahraga menjadi budaya di masyarakat Gresik, terutama dalam bersepeda.

“Kami sangat mengapresiasi partisipasi masyarakat dalam mengikuti event ini. Mudah-mudahan kebiasaan berolahraga senantiasa tertanam dalam diri kita,” ujar Wabup Qosim. (iis/as)