Bupati Kampanyekan Olahraga ke Warga Gresik Lewat Trail Run

0
52 views
Trail run 10 km dalam rangka memeriahkan HUT Pemerintah Kabupaten Gresik ke-44 sekaligus memeriahkan Hari Jadi Kota Gresik ke-531. (Foto: BG/As)

BeritaGresik.com – Olahraga lari sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Untuk itu, Bupati Gresik Sambari Halim Radianto mengampanyekan pentingnya olahraga kepada masyarakat Gresik melalui lari bersama (trail run) sejauh 10 kilometer.

Kegaiatan yang digelar dalam rangka memeriahkan HUT Pemerintah Kabupaten Gresik ke-44 sekaligus memeriahkan Hari Jadi Kota Gresik ke-531 ini diikuti sekitar 500 peserta dari berbagai elemen masyarakat dan sejumlah instansi terkait.

Peserta trail run diberangkatkan langsung oleh Bupati Gresik Sambari Halim Radianto didampingi Wakil Bupati Moh. Qosim serta sejumlah unsur Forkopimda dari halaman Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik, pada Jumat pagi (2/3/2018).

“Masyarakat bersama jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI-Polri, serta jajaran Forkopimda nampak terlihat sangat antusias dalam mengikuti trail run ini,” kata Kabag Humas dan Protokol Pemkab Gresik Suyono.

Dalam kesempatan itu, peserta menempuh jarak sekitar 10 km melintasi jalan protokol Gresik. Mreka juga harus melintasi sejumlah medan yang cukup menantang. Diantaranya adalah perbukitan Hollywood yang terkenal menanjak dan bertebing.

Selain itu, peserta harus melewati bukit Putri Cempo dengan tanjakan yang cukup berat untuk dilalui peserta sambal berlari.

Bupati Sambari mengatakan, selain untuk memeriahkan HUT Pemkab Gresik dan Hari Jadi Kota Gresik, kegiatan ini digelar untuk mengkampanyekan pentingnya olahraga bagi kesehatan masyarakat.

Olahraga lari dipandang sebagai olahraga yang sangat murah, namun manfaatnya sangat besar bagi kesehatan seseorang.

“Olahraga lari merupakan olahraga yang cukup murah dan menyenangkan apabila dilakukan beramai-ramai seperti ini. Oleh sebab itu, lari bersama ini secara tidak langsung memberikan sosialisasi kepada masyarakat lainnya agar semakin tertarik dalam berolahraga,” kata Sambari.

Meski dilakukan secara beramai-ramai dan melintasi jalan raya, Sambari berpesan agar peserta olahraga lari tetap mematuhi peraturan lalu lintas yang berlaku. “Lari beramai-ramai memang asyik, tapi tetap patuhi lalu lintas dan jangan sampai menganggu pengguna jalan lainnya,” ujarnya.

Sementara Wakil Bupati Gresik Moh. Qosim mengatakan, kegiatan olahraga yang melibatkan pemerintah dan masyarakat ini memang sering dilakukan. “Ini juga merupakan upaya pemerintah untuk selalu mendekatkan diri kepada masyarakat,” kata Qosim.

Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan penyematan pin sebagai bentuk kampanye utamakan keselamatan berlalu lintas oleh jajaran Polres Gresik. (iis/as)