Kunker ke Gresik, Eni Beberkan Program yang Digelontorkan ke Warga

0
385 views
Anggota Komisi VII DPR RI Eni Maulani saat wartawan yang tergabung dalam Komunitas Wartawan Gresik (KWG). (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.com – Anggota Komisi VII DPR RI asal daerah pemilihan (dapil) X Gresik dan Lamongan, Eni Maulani.S melakukan kunjungan kerja (kunker) di wilayah Kabupaten Gresik, Kamis (29/12/2016).

Dalam kunjungannya ini, politikus Golkar itu membeberkan sejumlah program yang telah digelontorkan untuk masyarakat di wilayah Kabupaten Gresik dan Lamongan, dalam kurun waktu periode 2015-2016.

Program itu salah satunya bantuan M-PASI kepada anak-anak dan ibu hamil sebanyak 6 ton setiap desa di Gresik untuk tahap pertama. Sedangkan gelombang kedua akan masuk sebanyak 10 ton awal Januari 2017 untuk masyarakat di Lamongan.

Ada program pendidikan bahasa Inggris dalam skema english camp di Lamongan 1 lokasi. Lalu di Kecamatan Ujung Pangkah Gresik sebanyak 2 lokasi. “Total murid yang ikut serta 90 orang,” kata Eni kepada wartawan di Gresik, Kamis (29/12/2016).

Program lain yang tengah diperjuangkan untuk dapil, yakni bantuan sumur bor di desa Pejangganan, Manyar yang telah berfungsi untuk kebutuhan pengairan dan air rumah tangga. Lalu usulan 6 titik lokasi baru di Lamongan di bulan Januari 2016.

Selain itu, ada juga bantuan dan pelatihan optimalisasi IPTEK untuk pupuk organik di 16 kecamatan di Gresik. Terbaru, program bantuan 900 konverter kit gas kepada nelayan berupa mesin dan tabung gas, yang jika dikonversi mencapai Rp 11 miliar.

“Angka bantuan ini merupakan terbesar di antara 12 kabupaten/kota di Indonesia. Untuk Gresik nelayan yang menerima bantuan dari Kecamatan  Panceng, Ujung Pangkah, Dukun, Sidayu, Bungah, Manyar, Kebomas dan Pulau bawean,” paparnya.

Kemudian,  bantuan penerangan jalan umum/ PJU sebesar 125 titik dan retrofit 30 titik di Kabupaten  Lamongan dan Gresik. “Dan untuk Gresik di Desa Lowayu, Mentaras dan Pulau Bawean,” terangnya.

Sementara itu, Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Gresik, Ahmad Nurhamim mengatakan, kunjungan kerja Eni Maulani kali ini untuk memberi ruang kepada para konstituen menyampaikan aspirasinya.

Selain itu, menurut Nurhamin, kunjungan Eni Maulani kali ini untuk menyaksikan beberapa program di Dapil X (Gresik dan Lamongan) yang telah dia perjuangkan.

Program itu di antaranya, pemasangan 40 unit penerangan jalan umum (PJU) yang tersebar di wilayah Gresik. “Bu Eni juga telah memperjuangkan bantuan 900 perahu nelayan di pesisir Gresik. Masing-masing perahu senilai Rp 11 juta,” jelasnya. (wan)