DPRD Gresik Rekomendasikan Evaluasi Kepala OPD

0
76 views
Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Gresik. (Foto: BG/Kurniawan)

BeritaGresik.com – Setelah melakukan evaluasi menyeluruh atas kinerja Pemkab Gresik, DPRD Kabupaten Gresik akhirnya mengeluarkan empat catatan dan rekomendasi terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Gresik 2016.

Rekomendasi tersebut dibacakan oleh Sekretaris DPRD Kabupaten Gresik M. Najikh dalam rapat paripurna yang dipimpin Ketua Dewan Abdul Hamid, Kamis (27/4/2017).

Para wakil rakyat menilai semangat pemerintah dalam mewujudkan visi dan misi bupati dan wakil bupati sudah sangat baik. “Itu diwujudkan dengan perencanaan yang sistematis,” kata Najikh membacakan poin pertama kesimpulan rekomendasi.

Hanya saja, dalam operasionalnya belum didukung dengan sumberdaya manusia (SDM) kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan koordinasi yang baik.

Pada poin kedua, wakil rakyat menilai tingkat pencapaian target berkategori baik, kecuali pada pemeliharaan infrastruktur daerah, pembinaan kepada desa dan pemberdayaan masyarakat.

Selanjutnya, pada rekomendasi ketiga disebutkan bahwa pola pikir kepala OPD masih menggunakan prinsip “Saya dapat jatah berapa, saya gunakan untuk apa”, padahal seharusnya “Saya punya program ini butuh dukungan anggaran segini.”

Terakhir, anggota dewan menilai mayoritas kepala OPD belum memahami bahwa disamping sebagai pelaksana teknis bupati-wakil bupati, mereka juga wajib melayani DPRD yang juga sebagai penyelenggara pemerintah daerah.

Akibat pola pikir ego sektoral dan kurangnya koordinasi para kepala OPD, DPRD Gresik melalui pimpinan juga mengeluarkan rekomendasi khusus kepada Bupati Gresik. Diantaranya mengevaluasi ulang dan melakukan reposisi jabatan terhadap kepala OPD yang baru dilantik pada awal 2017 lalu. (wan)