AMP Extension page

Sehari Jelang Coblosan, KPU Gresik Bakar 15.233 Kertas Suara Pilgub Jatim

KPU Gresik memusnahkan belasan ribu kertas suara Pilgub Jatim yang rusak. (Foto: BG/As)

BeritaGresik.com – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Gresik memusnahkan sebanyak 15.233 kertas suara untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Timur (Jatim) 2018 sehari menjelang pecoblosan.

Ribuan kertas suara itu dimusnahkan dengan cara dibakar karena dianggap rusak. Pemusnahan dilakukan agar kertas suara yang rusak tersebut tidak disalahgunakan saat pencoblosan besok.

Ketua KPU Kabupaten Gresik Akhmad Roni mengungkapkan, pihaknya mendapatkan kiriman sebanyak 939.770 surat suara untuk Pilgub Jatim dari KPU Provinsi.

“Setelah disortir, ditemukan 15.233 surat suara yang cacat atau rusak. Semua surat suara sesuai jumlah daftar pemilih tetap (DPT),” ungkap Roni, Selasa (26/6/2018).

Dia menjelaskan, saat ini surat suara untuk Pilgub Jatim sudah tersebar ke semua desa yang ada di Gresik, dengan jumlah pemilih sebanyak 900.962 jiwa. Surat suara tersebut tersebar di 2.210 tempat pemungutan suara (TPS).

Surat suara rusak dimusnahkan di depan Kantor KPU Kabupaten Gresik. Pemusnahan disaksikan oleh perwakilan dari berbagai instansi, seperti Panwaskab, pihak kepolisian dan TNI. (as)

No Response