‘One Moon Program’, Upaya DPRD Gresik Perbaiki Kinerja

0
221 views
Wakil Ketua DPRD Gresik H Nur Qolib, Wakil DPRD Gresik Sholihudin dan Kabag Humas Sutarmo saat jumpa pers di Kantor DPRD Gresik. (Foto: BG/Kurniawan)

BeritaGresik.com – DPRD Kabupaten Gresik kini memiliki program kerja bulanan yang disebut dengan “One Moon Program”. Program ini mengevaluasi kerja bulanan anggota Dewan guna memperbaiki kinerja yang dirasa belum maksimal, utamanya bidang pengawasan, legislasi dan penganggaran.

“Kami tidak menampik soal kinerja yang masih belum maksimal. Karenanya dengan One Moon Program ini Insya Allah pada 2017 ini akan ada banyak perbaikan kinerja,” kata Wakil Ketua DPRD Gresik, H Nur Qolib saat jumpa pers di ruang komisi B, yang juga dihadiri Wakil DPRD Gresik Sholihudin dan Kabag Humas Sutarmo.

Nur Qolib menjelaskan, One Moon Program merupakan langkah untuk meningkatkan komitmen wakil rakyat terkait fungsi dan peran DPRD. Program utamanya yakni evaluasi bulanan kinerja alat kelengkapan serta rencana kerja ke depan.

Dengan program tersebut semua anggota, baik di jajaran sekretariat, AKD dan pimpinan akan melakukan pertemuan berkala. “Meski ada banyak PR kami yakin mampu melakukan kinerja lebih baik dari tahun kemarin,” tegasnya.

Guna menambah porsi pelayanan terhadap masayarakat, DPRD Gresik akan memberi tambahan melayani pengaduan masyarakat, dengan pengaturan jadwal rapat internal yang semula digelar siang diganti menjadi malam hari.

“Sekarang badan kehormatan sudah melakukan rapat malam hari. Agar siang hari ada waktu lebih banyak untuk melayani pengaduan masyarakat,” jelasnya.

Politisi asal PPP ini juga memaparkan, pada tahun ini kunjungan ke daerah menurun dibandingkan tahun sebelumnya. Sementara kinerja legislasi dikatakan makin meningkat.

Wakil Ketua DPRD Gresik Sholihudin menilai, tidak mudah mengoptimalkan peran atau fungsi Dewan. Untuk itu, butuh kemampuan manajerial dan profesionalisme serta adanya akses dari masyarakat untuk menciptakan hubungan yang efektif antara wakil rakyat dengan masyarakat di daerah pemilihan masing-masing.

“Itulah kenapa fungsi reses yang dilaksanakan anggota DPRD sangatlah penting dalam menjaring aspirasi masyarakat,” jelasnya. (wan)