Ahmad Sururi Kembali Pimpin Pergunu Gresik

0
290 views
Ketua Pergunu Gresik terpilih Ahmad Sururi (tengah) saat terpilih secara aklamasi. (Foto: BG/Kurniawan)

BeritaGresik.com – Ahmad Sururi kembali dipercaya menjadi Ketua Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Kabupaten Gresik periode 2017-2022. Ia terpilih secara aklamasi dalam Konfercab Pergunu yang digelar di Aula Kemendepag, Sabtu (21/1/2017).

Mantan Ketua Pergunu Kabupaten Gresik periode 2013-2017 itu dipastikan kembali memimpin Pergunu Gresik setelah 16 Pimpinan Anak Cabang (PAC) Pergunu di Kabupaten Gresik dengan suara bulat menjatuhkan pilihannya kepada Sururi.

Terpilihnya kembali Sururi menjadi Ketua Pergunu Gresik disambut gembira para peserta Konfercab. Mereka memberikan ucapan selamat dan dukungan agar Sururi bisa membawa kebaikan Pergunu Kabupaten Gresik lima tahun mendatang.

Ketua Pergunu terpilih Ahmad Sururi menyatakan, bahwa jabatan sebagai Ketua Pergunu merupakan amanat. Karena itu, dia akan berupaya maksimal menjalankan amanat tersebut. “Kami akan duduk bersama dengan pengurus Pergunu untuk menjalankan  program dan membesarkan Pergunu,” kata Sururi kepada BeritaGresik.com.

Dia menjelaskan, Konfercab Pergunu kali ini mengusung tema “Mengoptimalkan Peran Pergunu Mengawal Pendidikan Berbasis Aswaja (Ahlussunnah wal Jamaah). Untuk itu, program pendidikan berbasis Aswaja akan mendapatkan perhatian khusus.

“Ini semua demi masa depan para generasi mendatang dan masa depan Nahdlatul Ulama (NU),” terang mantan Anggota DPRD Gresik ini.

Selain itu, Pergunu dikatakan akan aktif melakukan advokasi dan pembelaan terhadap lembaga di bawah naungan Pergunu yang didera sejumlah persoalan. Termasuk aktif mengawal setiap kebijakan. “Kami siap mengawal kebijakan pendidikan dan memberikan pelatihan untuk professelonalisme guru,” tandasnya.

Sururi mengaku tidak bisa membawa kebesaran Pergunu sendirian. Untuk itu, peran serta semua pengurus dan dukungan semua komponen masyarakat sangat dibutuhkan.

Sementara itu, Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Gresik KH. Husnan Ali meminta agar Pergunu Gresik bisa membawa kebaikan bagi masyarakat. Utamanya warga Nahdliyin yang ada di Kabupaten Gresik.  Karena itu, kepengurusan Pergunu harus bisa membawa kebesaran organisasi. “Sehingga, bisa membawa kebaikan PCNU dan warganya,” katanya.

Sebelumnya, jelang  Konfercab Pergunu Kabupaten Gresik periode 2017, muncul tiga kandidat yang akan memperebutkan Ketua Pergunu Kabupaten Gresik.

Ketiga kandidat tersebut adalah, mantan Ketua Pergunu Kabupaten Gresik periode 2011-2016 Ahmad Sururi, Kepala SMA al-Muniroh Ujungpangkah Samsul Anam dan mantan Sekretaris PCNU Kabupaten Gresik Muslimin. (wan)