Sugiyono Terpilih Jadi Ketua Komunitas Wartawan Gresik

0
361 views
Musyawarah Anggota VI KWG 2016. (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.com – Wartwan Surya Online Sugiyono terpilih menjadi Ketua Komunitas Wartawan Gresik (KWG) periode 2016-2018 dalam Musyawarah Anggota (Musang) VI yang digelar di gedung Diklat PT Petrokimia Gresik, Sabtu (17/12/2016).

Dalam pemilihan yang dilakukan dengan cara voting, pria yang akrab disapa Sugik itu meraup 27 suara dari 46 peserta. Ia mengalahkan calon lainnya Dedi Harianto (Kompas Tv) 17 suara dan 2 suara abstein.

Menurut Sugik, pemilihan Ketua KWG saat itu merupakan proses pendewasaan terhadap anggota KWG, terlebih dalam membangun komunikasi di antara sesama wartawan maupun dengan masyarakat.

“Sehingga masyarakat pun akan semakin mengerti tentang tugas seorang wartawan,” kata Sugik usai pemilihan.

(Foto: BG/Wan)

Turut hadir dalam kesempatan itu Wakil Bupati Gresik Moh. Qosim, Forkopimda Gresik, Pimpinan PT Petrokimia Kimia Gresik, tokoh masyarakat, serta Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Gresik.

Wakil Bupati Gresik Moh. Qosim dalam sambutannya menilai, bahwa keberadaan wartawan yang bertugas di Gresik sangat membantu dalam memberikan informasi yang akurat kepada masyarakat.

Dia mengakui keberadaan wartawan banyak memberikan manfaat. “Daya kritis wartawan dapat meningkatkan kinerja serta keuangan, yang mana wartawan bisa memberikan masukan,” ujar Qosim.

Tidak hanya edukasi kepada pembaca, segmen hiburan juga dirasa penting untuk merangsang keiinginan membaca warga. Wartawan juga diharapkan menyajikan informasi yang bertanggungjawab.

Sementara itu, Manager Humas Petrokimia Gresik Yusuf Wibisono menceritakan pengalamannya sebelum adanya KWG. Menurut Yusuf banyak yang mengaku wartawan dan jumlahnya sangat banyak.

Namun sejak terbentuknya KWG, semua menjadi jelas mana wartawan dan bukan wartawan. Yusuf berharap rekan wartawan mengedepankan integritas dengan menjunjung kode etik jurnalistik.

“Kami harap jalinan dengan Petrokimia senantiasa terjaga dengan harmonis. KWG menjadi kemudahan tersendiri dalam hal pemberitaannya, dan sangat membantu,” pungkasnya. (wan)