Pejabat Sering Bolos Naik Jabatan, DPRD Gresik Rekomendasikan Sanksi

0
120 views
Gedung DPRD Kabupaten Gresik. (Foto: BG/Kurniawan)

BeritaGresik.com – DPRD Gresik menduga ada┬ápelanggaran terhadap UU Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam mutasi pejabat di lingkungan Pemkab Gresik awal 2017 lalu. Pelanggaran itu yakni pemberian promosi jabatan terhadap pejabat yang sering bolos kerja.

Permasalahan mutasi ini menjadi sorotan Komisi A DPRD Gresik. Bahkan, sempat mengemuka isu soal pengguliran hak interpelasi. Kendati tidak sampai berujung pada interpelasi, Komisi A tetap meminta keterangan Pemkab mengenai masalah itu.

Terkait masalah ini, Wakil Ketua DPRD Gresik Nur Qholib menyatakan, bahwa Komisi A DPRD Gresik telah mengeluarkan rekomendasi pemberian sanksi disiplin terhadap pejabat sering bolos kerja yang telah mendapatkan promosi jabatan.

“Agenda Dewan, Jumat (17/3/2017), Komisi A telah mengeluarkan rekomendasi tentang mutasi yang memunculkan persoalan, khususnya Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang absensinya melebihi batas maksimal,” terang Nur Qholib.

Selain itu, Nur Qholib juga menyampaikan agenda Komisi B DPRD Gresik, yakni terkait Jaring Aspirasi Masyarakat (Jasmas) yang tidak bisa direalisasikan, lantaran ada keterbatasan dana dan landasan hukum.

Masalah itu dikatakan disepakati diproses 2017, dengan memperbaiki proposal dan melakukan verifikasi ulang. Terakhir, Komisi D menindaklanjuti adanya tujuh kepala SMP yang tidak siap melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). (wan)