HMI Gresik Peringati HUT RI dengan Diskusi Kebangsaan

0
31 views
Talk Show Kebangsaan HMI Gresik bekerjasama dengan Petrokimia Gresik, Minggu malam (13/8/2017). (Foto: BG/Amn)

BeritaGresik.com – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Kabupaten Gresik bekerjasama dengan Petrokimia Gresik mengadakan talk show kebangsaan, Minggu (13/8/2017). Kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72 .

Ketua HMI Gresik Mustain mengatakan, diskusi kebangsaan ini merupakan bentuk konsistennya organisasi kemahasiswaan HMI dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, khususnya di kalangan pemuda dan para Mahasiswa saat ini.

Talk show kebangsaan ini digelar dengan konsep santai di sebuah warung kopi di Jalan dr Soetomo Gresik. Acara yang dihadiri ratusan mahasiswa dari berbagai kampus di Gresik ini menghadirkan dua pembicara, yakni Ketua ICMI Jatim Ismail Nachwu dan Kasdim 0817 Gresik Mayor Sampak.

(Foto: BG/Amn)

Saniri, salah seorang peserta diskusi yang berprofesi sebagai dosen di salah satu perguruan tinggi swasta di Gresik, mengapresiasi diskusi kebangsaan yang diadakan kader HMI Gresik. Apalagi akhir-akhir ini jarang dijumpai diskusi mahasiswa tentang kebangsaan.

Ketua ICMI Jatim Ismail Nachwu menekankan agar anak muda Indonesia peduli terhadap situasi bangsa. “Karena kalau kita tidak peduli pada kondisi bangsa, maka masa depan bangsa akan di kuasai oleh orang lain sehingga kita hanya akan jadi penonton,” ujar Ismail.

Menurut dia, Indonesia adalah negara yang hebat. Negara ini dikatakan bukan hasil dari pemberian dari negara lain melainkan karena jerih payah para pejuang. “Beruntung pejuang bangsa dahulu tidak bermental seperti para pemimpin saat ini,” kata Ismail disambut tepuk tangan peserat diskusi.

(Foto: BG/Amn)

Dia juga mengingatkan bahwa generasi penerus bangsa adalah anak cucu bangsa pejuang, bukan bangsa yang tunduk pada penjajah. Karena itu, Ismail meminta agar kader HMI memiliki nyali dan visi untuk menjadi pemimpin masa depan bangsa.

Kasdim 0817 Gresik Mayor Sampak juga menekankan kepada para peserta diskusi kebangsaan yang sebagian besar terdiri atas para pemuda, agar terus menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan semua elemen bangsa.

Dia juga mengajak agar momentum kemerdekaan RI diisi dengan kegiatan yang positif sebagi bentuk penghormatan terhadap hasil jerih para pejuang bangsa. “Semangat pejuang yang tulus iklas dalam merebut kemerdekaan RI harus menjadi teladan bagi kita semua,” pungkasnya. (amn)