IKA PMII Nilai Gus Ipul-Anas Layak Pimpin Jatim

0
324 views

BeritaGresik.com – Nama Wagub Jatim H Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Bupati Banyuwangi H Abdullah Azwar Anas mulai digadang-gadang sebagai calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur dalam Pemiliha Gubernur (Pilgub) Jatim 2018.

Kedua sosok itu bahkan memperoleh nilai tertinggi dalam survei yang dirilis Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA PMII) Jatim, di sela-sela Muswil I di Surabaya, Sabtu (10/12/2016).

“Sesuai hasil survei yang dilakukan internal IKA PMII, berurutan nama Gus Ipul (26,5%) dan Anas (14,4%) berada di peringkat pertama dan kedua,” kata Ketua Litbang IKA PMII Jatim Sunan Fanani.

Berdasarkan hasil survei yang melibatkan sebanyak 400 responden itu, IKA PMII Jatim menilai Gus Ipul dan Bupati Anas merupakan sosok yang layak dan pantas untuk memimpin Jatim ke depan.

Survei dilakukan pada 18-30 November 2016 melalui pengumpulan data “internet survey” dengan area riset meliputi seluruh Jatim. Survei ini menggunakan pendekatan riset kuantitatif dan batas kesalahan 5%.

Selain Gus Ipul dan bupati Anas, nama-nama lain yang dinilai layak menggantikan Soekarwo adalah Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa (10,8%) dan Ketua PKB Jatim Abdul Halim Iskandar (8,5%).

Lalu, ada nama mantan Bupati Probolinggo Hasan Aminuddin (7,5%), Bupati Bojonegoro Suyoto (2%), Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi (1,6%) dan ketua umum DPP PKB Muhaimin Iskandar (1%).

“Ada juga 0,7% yang menyebut salah seorang tokoh lain yang tak bisa saya sampaikan namanya dan 19,3% menjawab tidak tahu, serta 7,8% menyebut sejumlah nama lain,” ujar Fanani. (ant/as)