Alasan Penyegaran, PKB Copot Sholihuddin dari Wakil Ketua DPRD Gresik

0
20 views
Syafi’ AM sesaat setelah pengambilan sumpah oleh Ketua PN Gresik, di Gedung DPRD Gresik. (Foto: BG/Amn)

BeritaGresik.com – Ketua Komisi III DPRD Gresik Syafi’ AM resmi menggantikan posisi rekannya yang juga dari Fraksi PKB Sholihuddin sebagai Wakil Ketua DPRD Kabupaten Gresik. Penetapan itu dilakukan dalam sidang istimewa di Kantor DPRD Kabupaten Gresik, Senin (2/10/2017).

Pergantian Sholihuddin dari Wakil Ketua DPRD dilakukan karena adanya surat yang diterima Ketua DPRD Abdul Hamid. Surat itu berasal dari DPP PKB dengan Nomor 23399/DPP-03/A.1/VIII/2017 tanggal 7 Agustus. Selain itu, ada surat dari DPC PKB Gresik no. 708/ DPC-03/ V /B. 1/ VIII/ 2017 tentang perubahan unsur pimpinan DPRD Gresik.

“Dengan dilantiknya Syafi’ AM sebagi Wakil Ketua DPRD Gresik, maka Syafi AM harus meninggalkan jabatannya sebagi Ketua Komisi III,” kata Ketua DPRD Kabupaten Gresik Abdul Hamid.

Ketua DPC PKB Gresik, Mohammad Qosim kepada wartawan mengatakan, bahwa pergantian wakil ketua DPRD Gresik dari Fraksi PKB dilakukan untuk penyegaran. “Karena bila terlalu lama duduk dijabatan tersebut nantinya akan jenuh,” kata Qosim.

Wakil Bupati Gresik itu menjelaskan, bahwa permohonan pergantian terhadap wakil kekua DPRD telah melalui berbagai tahapan di internal partainya. Bahkan, surat yang dilayangkan ke DPP PKB juga pernah di kembalikan lagi ke DPC PKB Gresik. “Dan bolak balik, makanya membutuhkan waktu yang agak lama,” ujar Qosim.

Dengan dilakukan pergantian posisi Wakil Ketua DPRD Fresik ini, diharapkan terjadi harmonisasi antara wakil ketua DPRD Gresik dengan partai yang dipimpinnya. Sidang paripurna istimewa ini juga di hadiri pimpinan partai dan unsur Forpimda Gresik.

Pengambilan sumpah terhadap Syafi’ AM dilakukan oleh Ketua Pengadilan Negeri Gresik. Syafi’ AM bersumpah di bawah alquran. Dia berjanji akan mengutamakan kepentingan rakyat yang telah diwakilinya.

Sayangnya saat pergantian wakil ketua dewan, Sholihuddin tidak nampak di dalam gedung DPRD Gresik hingga acara usai. (amn)