Cakades Suami Istri, Pilkades di Desa Ini Serasa Resepsi Pernikahan

Calon Kepala Desa Pongangan, Manyar, Greaik duduk di kursi ‘pelaminan’. Aang Chunaifi maju bersama istrinya. (Foto: BG/As)

BeritaGresik.com – Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak yang dilaksanakan di 246 desa se-Kabupaten Gresik pada Rabu (31/7/2019) kemarin, berlangsung aman, tertib dan lancar.

Namun ada yang unik di antara pilkades yang berlangsung di Gresik, dimana calon kepala desa (cakades) di salah satu desa terdiri atas pasangan suami istri.

Hal itu membuat warga yang datang ke tempat pemilihan serasa menghadiri resepsi pernikahan sepasang suami istri.

Peristiwa unik itu salah satunya terjadi di Desa Pongangan Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) 6595 orang. Mereka adalah Aang Chunaifi nomor urut 1 dan isterinya Ikhtisholiyah nomor urut 2.

Entah disengaja atau tidak, tempat duduk kontestan yang disiapkan panitia adalah pelaminan semacam kuade yang lazim digunakan pada acara pernikahan. Tak hanya itu, lamat-lamat terdengar suara gamelan kebo giro dari seperangkat sound system diatara suara panggilan untuk mencoblos.

Wakil Bupati Gresik Mohammad Qosim saat melakukan peninjauan pelaksanaan Pilkades di desa itu tidak langsung menemui panitia. Ia langsung menyalami kedua calon dan foto bersama.

Sebelumnya kedua calon tampak sangat akrab berbincang dan bahkan terlihat tampak mesrah. Ini sangat beralasan, mengingat beberapa hari sebelumnya sempat viral di media sosial visi misi cakades suami isteri, dimana visi misi sang isteri mendukung sang suami.

Disela kunjungannya, Qosim mengatakan bahwa sampai saat ini pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa di 264 Desa se-Kabupaten Gresik berjalan aman, tertib dan lancar.

“Sepintas melihat pelaksanaan pilkades ini kami senang, karena masyarakat antusias ikut memilih. Mereka antri dengan tertib, menandakan kesadaran berpolitik masyarakat semakin baik,” kata Qosim.

Dia mengaku sejauh jni belum mendapat informasi kendala apapun dalam pepaksanaan pilkades serentak di Gresik. Semoga pelaksanaan Pilkades terbesar se Kabupaten Gresik saat ini bisa aman dan terkendali,” tandasnya.

Di tempat berbeda, Bupati Gresik Sambari Halim Radianto bersama beberapa Kepala OPD Pemkab Gresik juga melakukan kunjungan pelaksanaan Pilkades di Wilayah Kecamatan Balongpanggang dan sekitarnya. (sdm/as)

No Response