HMI Gresik Persiapkan Latihan Kader 1 Bawean

0
288 views
Bendera HMI. (Dok. BG)

BeritaGresik.com – Setelah melakukan rapat koordinasi intensif dengan Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Bawean, Bidang PPPA Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Gresik beserta para anggota akan mengadakan Latihan Kader 1 (Basic Training) di Pulau Bawean.

Latihan Kader (LK) 1 HMI yang baru pertama kali diadakan di Pulau Bawean ini mengusung tema “Membangun Intelektualitas Insan Islami yang Berdaya Kritis dalam Berbangsa dan Bernegara”.

Kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari, mulai Jumat sampai dengan Minggu, 4-6 Agustus 2017 di Gedung Pesanggrahan Sangkapura. LK 1 ini digelar dalam rangka peningkatan kuantitas dan pengembangan kualitas kader HMI Gresik, khusus di Pulau Bawean.

Selama tiga hari LK 1, ada beberapa materi yang diberikan kepada peserta, yakni sejarah HMI, Mission HMI, NDP, MOK (Manajemen Organisasi Kepemimpinan), Teknik Persidangan, Ideologisasi, KOHATI, Wawasan Kebangsaan, Pesan Perjuangan dan Dinamika Gerakan Mahasiswa.

Materi yang diberikan dalam LK 1 HMI menyangkut kemahasiswaan, keagamaan, kebangsaan dan kenegaraan. Seluruh materi tersebut diharapkan dapat meningkatkan keilmuan, pengetahuan, serta menumbuhkan semangat berbangsa dan bernegara dalam upaya menjaga NKRI.

Ketua panitia LK 1 HMI Bawean Hadi (21), mengatakan, sejauh ini tercatat sudah ada 40 mahasiswa yang akan menjadi peserta LK 1 HMI. Pelaksanaan LK 1 ini akan dikelola oleh Badan Pengelola Latihan (BPL) HMI Cabang Bangkalan, Madura.

“Sejauh ini tempat maupun akomodasi selama pelaksanaan telah dipersiapkan dengan baik,” tutur Hadi, Senin (31/7/2017).

Kabid PPPA HMI Gresik Faris Imananda (20) berharap dalam pelaksanaan LK 1 tersebut nantinya akan melahirkan kader-kader HMI dari Bawean yang mampu membawa perubahan bangsa ke arah yang lebih baik. “Kita akan bersama-sama mengawal perjalanan bangsa ini,” kata Faris.

Kehadiran kader-kader baru ini diyakini akan memberikan warna tersendiri bagi HMI Gresik. “Sebagai generasi pertama dan generasi pelopor, pasti akan ada berbagai rintangan dalam proses selama mengembangkan HMI di Pulau Bawean,” ujar Ketua HMI Gresik Mustain Billah.

LK 1 HMI di Pulau Bawean juga mendapat dukungan kuat dari para alumni HMI asal Pulau Bawean yang saat ini tinggal di rantau. Banyak di antara mereka yang saat ini sudah menempati pos-pos penting di pemerintahan maupun swasta. (vivin)