GP Ansor Gresik Ajak Warga Perkokoh Persatuan

0
276 views
Ratusan anggota Banser dan GP Ansor Gresik berziarah ke makam Maulana Malik Ibrahim dan Sunan Giri. (Foto: BG/Kurniawan)

BeritaGresik.com – Ratusan anggota Banser dan GP Ansor Kabupaten Gresik menggelar apel peringatan Hari Lahir (Harlah) NU ke-91 di kantor Pengurus Cabang NU (PCNU) Gresik, Jalan Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Gresik, Selasa (31/1/2017).

Dalam apel siaga NKRI saat itu, mereka mengingatkan kepad semua elemen bangsa bahwa keberagaman harus dihormati dengan menempatkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di atas kepentingan pribadi dan golongan.

“Tidak hanya kepada para nahdliyin, namun kami juga mengajak seluruh masyarakat Gresik untuk selalu memperkokoh rasa persatuan, memperkuat komitmen kebangsaan, dan menjunjung nilai-nilai luhur bangsa Indonesia,” kata Ketua PC GP Ansor Gresik, Agus Junaidi.

Dengan ketiga unsur tersebut, kata Junaidi, sinergi warga NU Gresik dengan berbagai pihihak dapat terjalin baik di atas perbedaan yabg ada. Sinergi itu diyakinu mampu menjadi senjata ampuh mengatasi perpecahan bangsa yang semakin nyata.

“NKRI harga mati, tolak radikalisme dan aliran khilafah. Kami juga mendukung aparat penegak hukum untuk bertindak tegas kepada siapa pun yang melakukan tindakan yang mengarah kepada kekerasan, ujaran kebencian, fitnah, menghina simbol negara dan juga menyebarkan informasi hoax,” tegasnya.

Selain menggelar apel di halaman kantor PCNU, sebanyak 300 anggota Banser dan GP Ansor perwakilan dari 16 ranting tersebut juga sempat menyanyikan lagu Indonesia Raya, yang diteruskan dengan yel-yel ‘NKRI Harga Mati’.

Selepas apel, para peserta kemudian berziarah mengunjungi dua makam Wali Songo yang ada di Gresik, yaitu Sunan Giri dan Maulana Malik Ibrahim. Hal itu dilakukan guna melestarikan kebudayaan para leluhur sebelumnya.

“Dengan mengunjungi makam para wali, kami ingin melestarikan budaya para leluhur dan meneruskan cita-cita ulama. Karena selama ini, Banser dan juga GP Ansor adalah benteng para ulama,” tutur Satuan Koordinator Cabang (Satkorcab) Banser Gresik, Anharul Machfud.

Mereka percaya, jika hal diterapkan dengan hidup saling rukun berdampingan, bakal mampu mencegah radikalisme dan aliran khilafah. Selain itu, keutuhan NKRI juga akan terus terpelihara. (wan)