Pelayaran Gresik-Bawean Kembali Beroperasi

0
32 views
Ratusan santri Sidogiri asal Bawean akhirnya pagi ini bisa pulang ke Bawean setelah tertahan selama tiga hari di Gresik karena cuaca buruk. (Foto: Raffa Al Badrunnur)

BeritaGresik.com – Pelayaran dari Pelabuhan Gresik menuju Pulau Bawean kembali beroperasi setelah sempat ditutup selama empat hari, karena cuaca buruk dan gelombang tinggi di Laut Jawa.

Dengan begitu, ratusan calon penumpang termasuk rombongan santri dari Pesantren Sidogiri Pasuruan yang sempat tertahan berhari-hari di sejumlah penginapan yang ada di sekitar Pelabuhan Gresik sudah bisa pulang ke kampungnya masing-masing.

Hari ini, Kamis (30/11/2017), kapal cepat Bahari Express mulai melayani pelayaran dari Pelabuhan Gresik menuju Pulau Bawean. Kapal tersebut diberangkatkan tadi pagi sekitar pukul 09.00 Wib dengan mengangkut sekitar 403 penumpang.

Selain kapal Bahari Express, kapal cepat lainnya yakni kapal Natuna Ekspres juga mulai diperbolehkan beroperasi kembali melayani rute penyeberangan Gresik-Bawean atau sebaliknya. Dua kapal itu besok Jumat juga akan diberangkan lagi.

Sebelumnya, ketinggian ombak di Laut Jawa mencapai 3 meter lebih. Dengan alasan keamanaan dan keselamatan bagi para penumpang, pihak otoritas Pelabuhan Gresik akhirnya menutup jalur pelayaran. Namun, saat ini kondisi cuaca membaik.

Cuaca buruk dalam empat hari terakhir membuat calon penumpang membludak yang akan berlayar ke Bawean. Selain itu, penumpukan juga karena berbarengan dengan momentum peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. (amn/as)