Buron Tiga Bulan, Penjambret Asal Gresik Ditangkap di Lamongan

0
38 views
MAD, DPO tersangka penjambretan si kembar Andiani dan Andiana di Pakal, yang tertangkap di Lamongan, Kamis (28/9/2017) malam. (Foto: Denza/Suara Surabaya)

BeritaGresik.com – Jajaran Polrestabes Surabaya menangkap seorang penjambret yang pernah menjambret gadis kembar berusia 21 tahun, Andiana-Andiani, setelah hampir tiga bulan dinyatakan buron.

Penjambret, MAD, asal Balongpanggang, Kabupaten Gresik, itu diketahui masih berusia 16 tahun. Polisi meringkusnya di sebuah pondok pesantren kawasan Maduran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, pada Kamis (28/9/2017) malam.

“Kami mendengar informasi pelaku bersembunyi di sebuah pondok pesantren di Lamongan. Saat kami ringkus, pelaku sempat berkelit. Tapi setelah kami interogasi dia mengakui perbuatannya,” kata Kepala Satreskrim Polrestabes Surabaya Ajun Komisaris Besar Polisi Leonard Sinambela, Jumat (29/9/2017).

MAD diburu polisi setelah menyebabkan dua korbannya, warga Menganti, Gresik, Andiana-Andiani, yang saat itu berboncengan mengendarai sepeda motor Honda Vario, mengalami luka parah, dalam aksi penjambretan sebuah telepon seluler di kawasan Kecamatan Pakal pada 18 Juli lalu.

Kedua korban sempat menjalani perawatan intensif di RSUD Dr Soetomo Surabaya, bahkan salah satu kaki Andiana oleh tim dokter dinyatakan harus diamputasi.

Menurut Leonard, MAD waktu itu tidak beraksi sendirian, melainkan bersama rekannya berinisial IS, yang telah ditangkap terlebih dahulu. “Ngakunya menjambret karena ada kesempatan. Saat itu pelaku melihat korban sambil berkendara sedang bermain handphone, akhirnya langsung di sikat,” ujar Leonard.

Dia menambahkan, MAD tergolong licin. Polisi sempat memburunya ke beberapa kota yang menjadi tempat persembuannya, salah satunya sampai ke Kediri tapi selalu lolos. “Hingga akhirnya kami tangkap saat bersembunyi di sebuah pondok pesantren di Lamongan,” ujarnya.

Kepada polisi, MAD mengaku seluruh hasil kejahatannya kebanyakan digunakan untuk berfoya-foya, seperti untuk membeli minuman keras dan berkaraoke. (ant)