Puluhan Warga Demo Kejari Gresik, Kades Prambangan Tetap Ditahan

0
27 views
Puluhan warga beserta sejumlah kades di Gresik menuntut pembebasan Kades Prambangan Feriyantono yang ditahan Kejari Gresik. (Foto: BG/Amn)

BeritaGresik.com – Puluhan warga Desa Prambangan, Kebomas, Gresik, bersama sejumlah kepala desa di Gresik melakukan aksi demo di kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Gresik. Mereka menuntut agar Kades Prambangan Feriyantono yang di tahan kejaksaan beberapa hari yang lalu.

Puluhan warga desa Prambangan tersebut menggelar aksi demo, Rabu (30/8/2017), di depan pintu masuk kantor Kejari Gresik, sambil membentangkan poster bertuliskan seruan pembebasan Feriyantono. Warga juga meminta bertemu kepala Kejari Gresik.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kades Prambangan Feriyantono bersama dua orang ditahan oleh pihak Kejari Gresik. Ketiganya disangka telah terlibat dalam kasus pemalsuan dokumen riwayat tanah.

Dalam kasus ini, Kades Feriyantono diduga membuat riwayat tanah yang sudah dijual beberapa tahun lalu atas permintaan ahli waris pemilik tanah pertama. Karena itu, pihak pembeli tanah sebelumnya melaporkan kasus tersebut ke Polda Jatim.

Sementara pendemo menilai, jika kasus yang melilit Kades Prambangan penuh kejanggalan. Sehingga mereka menuntut supaya Feriyantono dibebaskan. Aksi demo waktu itu ternyata juga diikuti kades dari wilayah Menganti, Manyar, Cerme dan Dukun.

Hal itu dikakukan sejumlah kades sebagai bentuk solidaritas terhadap Feriyantono. Kendati didesak untuk membebaskan atau menangguhkan penahanan Feriyantono, tapi Kepala Kejari Gresik Pandoe Pramokartika tetap pada pendiriannya.

Pihak Kejaksaan malah menilai aksi demo yang dilakukan puluhan warga bersama sejumlah kades di Gresik salah alamat, sebab kasus tersangka Kades Feriyantono bersama dua orang warga lainya saat ini sudah dilimpahkan ke pengadilan.

“Pihak keluarga ataupun penasehat hukum tersangka bisa menyampaikan permohonan penanangguhan ke majlis hakim di Pengadilan Negeri Gresik,” kata Kajari yang baru menjabat sebulan ini. (amn)