Satya Kencana 3 Angkut Ratusan Penumpang dari Bawean

0
973 views
Kapal Satya Kencana 3 rute Kalimantan-Surabaya singgah di Pulau Bawean untuk mengangkut ratusan penumpang. (Foto: BG/Abrari)

BeritaGresik.com – Setelah sempat lumpuh dalam sepekan tarakhir akibat cuaca buruk, akhirnya jalur transportasi laut dari Pulau Bawean menuju pulau Jawa terlayani dengan bantuan kapal deviasi (singgah) Kalimantan tujuan Surabaya.

Seperti diketahui, sudah hampir sepekan terakhir kapal reguler yang melayani penyeberangan dari Pelabuhan Bawean menuju Pelabuhan Gresik dan sebaliknya berhenti total karena cuaca buruk dan gelombang tinggi yang melanda laut Jawa.

Kapal Satya Kencana 3 tiba di Pelabuhan Bawean, Senin (30/01/2017) sekira pukul 17.00 WIB. Keberadaan kapal singgahan ini dimanfaatkan oleh ratusan warga Bawean yang hedak berlayar ke Pulau Jawa. Ada sekitar 256 penumpang yang diangkut dari Bawean.

Ratusan penumpang di Pelabuhan Bawean diangkut kapal bantuan tujuan Surabaya. (Foto: BG/Abrari)

Sebelumnya, kapal milik PT. Dharma Lautan Utama (DLU) itu dijadwalkan tiba di Pulau Bawean sekitar pukul 10.00 WIB. Akibatnya, calon penumpang yang hendak berangkat ke Pulau Jawa menunggu hingga 8 jam di pelabuhan Bawean.

Wiwin, salah seorang penumpang asal desa Pekalongan kecamatan Tambak mengaku sudah berangkat dari rumahnya sejak pukul 08.00 WIB. Ia menyesalkan informasi yang tidak akurat terkait jadwal keberangkatan kapal bantuan tersebut.

“Bayangkan saya menunggu di sini (pelabuhan-red) selama 8 jam, seharusnya pihak Syahbandar memberikan informasi yang akurat, molor 1 atau 2 jam gak masalah, ini 8 jam,” cetusnya dengan kesal.

Sementara pihak Syahbandar Pelabuhan Bawean mengatakan perubahan jadwal ini terjadi lantaran kondisi cuaca buruk. “Cuaca buruk, makanya ada perubahan, “terang salah seorang petugas Syahbandar Bawean di Pelabuhan Bawean. (abr)