Partai di Gresik Komitmen Jaga Situasi Kondusif Pilkada Serentak 2018

Pelepasan balon dalam gerak jalan sadar pemilihan serentak 2018 di WEP, Gresik. (Foto: BG/As)

BeritaGresik.com – Sejumlah partai politik (parpol) di Kabupaten Gresik komitmen menjaga situasi kondusif menjelang pelaksanaan pilkada serentak 2018 di wilayah Jawa Timur. Komitmen itu ditandai dengan pelepasan balon ke udara di halaman gedung Wahana Ekspresi Pusponegoro, Minggu (29/10/2017).

Pelepasan balon dipimpin langsung Bupati Gresik Sambari Halim Radianto, yang diikuti sebanyak 17 ketuap partai yang ada di Gresik. Dalam kesempatan itu, Sambari mengajak kepada para ketua partai untuk mengawal Pilkada serentak di Jawa Timur.

“Pada kesempatan ini kami sangat berterima kasih kepada seluruh Ketua partai politik dan masyarakat yang hadir pada pelaksanaan gerak jalan sadar pemilihan serentak 2018,” kata Sambari.

Dia mengungkapkan, pihaknya ingin setiap pemilhan di Gresik berlangsung aman dan kondusif. Untuk itu, ia mengajak para ketua parpol yang ada di Gresik ikut membantu terciptanya suasa kondusif di Gresik.

Sambari juga menjelaskan, bahwa situasi politik di Tanah Air belakangan ini tengah menghangat. Untuk itu, pihaknya berharap kepada semua pihak untuk ikut membantu mendinginkan situasi sehingga masyarakat tenang.

Sementara itu, Ketua KPU Gresik Ahmad Roni menyatakan, Pemilihan Kepala Daerah serentak 2018 akan berlangsung di 17 provinsi, 39 kota dan 115 Kabupaten. Selain memilih Gubernur dan Wakil Gubernur, juga memilih Walikota dan Wakil walikota serta Bupati dan Wakil Bupati.

“Saya menyadari, penyelenggaraan pemilihan serentak tahun 2018 yang beriringan dengan pemilu serentak 2019 akan membuat suhu politik menghangat dibanding pemilihan serentak sebelumnya yaitu 2015 dan 2017. Untuk itu penyelenggara  pemilu disemua tingkatan harus mengelola setiap tahapan secara profesional,” ujar Roni.

Kepala Bagian Humas Pemkab Gresik Suyono mengatakan, gerak jalan Sadar Pemilihan Serentak 2018 diikuti sekitar 1.000 orang. Hal ini bisa dilihat dari kaos yang dicetak KPU yang dibagikan ke masyarakat sebanyak 600 buah.

“Ditambah banyak peserta yang tidak mengenakan seragam kaos pembagian KPU. Acara ini sukses, semoga pada saatnya nanti Pemilihan serentak yang berlangsung di Gresik dan Jawa Timur Pada Umumnya bisa berlangsung seperti yang kita harapkan Bersama,” jelasnya.

Seperti diketahui, 2018 adalah tahun pesta demokrasi masyarakat Jawa Timur. Seluruh rakyat di 38 kabupaten dan kota akan mengikuti pemilihan gubernur dan wakil gubernur. Dari 38 daerah yang ada, 18 daerah lainnya akan menggelar pilkada.

Selain Pilgub, kabupaten dan kota yang menggelar pilkada pada 2018 yakni:

1. Kabupaten Lumajang
2. Kabupaten Bondowoso
3. Kabupaten Probolinggo
4. Kota Probolinggo
5. Kabupaten Pasuruan
6. Kota Malang
7. Kabupaten Nganjuk
8. Kabupaten Jombang
9. Kota Kediri
10. Kota Madiun
11. Kabupaten Madiun
12. Kabupaten Magetan
13. Kabupaten Tulungagung
14. Kota Mojokerto
15. Kabupaten Bojonegoro
16. Kabupaten Bangkalan
17. Kabupaten Sampang
18. Kabupaten Pamekasan

(as)

No Response