Warga Gresik Protes Tagih Janji Pelaksana Proyek Jalan Tol Sumo

0
52 views
Puluhan warga Desa Sumput menagih janji pihak pelaksana jalan tol Sumo. (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.com – Puluhan warga Desa Sumput, Kecamatan Driyorejo, Kabupaten Gresik, menggelar aksi protes di sekitar lokasi pembangunan jalan tol Surabaya-Mojokerto (Sumo). Protes itu diaampaikan warga karena merasa dibohongi pihak pelaksana proyek pembangunan tol Sumo.

Kepala Desa Sumput, Driyorejo, Gresik, Sutaji mengungkapkan salah satu kebohongan pihak pelaksana adalah terkait pembangunan ulang SDN 1 Sumput yang terkena dampak proyek tol.

“Kami hanya dijanjikan. Pihak tol selalu bilang akan dan akan dibangun. Namun, hingga saat ini sekolah tidak kunjung dibangun. Padahal, proyek tol sudah berjalan 1 tahun lebih,” kata Sutaji kepada sejumlah awak media, Jumat (29/9/2017).

Akibatnya, para siswa SDN 1 Sumput pun terpaksa  belajar di gedung lama. Padahal, terang Sutaji, lokasi sekolah berada persis di pinggir badan jalan tol Sumo. Bahkan, aetiap hari ada lalu lalang kendaraan berat yang mengerjakan tol tersebut.

Selain berdampak pada bangunan SDN 1 Sumput, proyek pembangunan jalan tol Sumo juga merusak akses jalan desa selebar 6 meter. Jalan paving tersebut rusak karena setiap hari dilalui alat berat.

Tidak hanya itu, proyek tol tersebut juga menyebabkan gorong-gorong (saluran air) di desa Sumput tersumbat. “Terkait ini, pihak pelaksana juga menjanjikan mengganti gorong-gorong, namun tidak,” kata Kades Kumis, sapaan akrabnya.

Menurut Sutaji, proyek pembangunan jalan tol Sumo juga menyebabkan sejumlah bangunan rumah warga mengalami retak-retak akibat pemasangan tiang pancang yang menimbulkan getaran kuat.

“Warga Sumput sudah muak dengan janji-janji pihak Tol Sumo yang akan memenuhi tuntutan mereka. Sebab, janji-janji itu tak kunjung terlaksana. Warga mengancam melakukan demo dengan menghentikan aktivitas pembangunan tol,” tegas Sutaji.

Sayangnya, pihak proyek Tol Sumo belum bisa dikonfirmasi terkait protes warga ini. Sejumlah pekerja lapangan proyek Tol Sumo juga enggan memberikan komentar saat dimintai keterangan wartawan.

Seperti diketahui, jalan tol Sumo melintasi Desa Sumput, Kecamatan Driyorejo, Kabupaten Gresik. Sehingga pengerjaan proyek jalan tol tersebut berdampak pada pemukiman warga sekitar. (wan)