Rabu Besok, Dua Kapal Cepat Diberangkatkan ke Pulau Bawean

0
18 views
Petugas Dishub Provinsi Jatim turun tangan, memberi penjelasan kepada calon penumpang yang antri tiket. (Foto: BG/Amn)

BeritaGresik.com – Lumpuhnya pelayaran dari Pelabuhan Gresik ke Pulau Bawean selama lima hari terakhir menyebabkan penumpukan calon penumpang di Gresik. Akibatnya, terjadi lonjakan penumpang ketika jalur penyeberangan ini dibuka lagi.

Karena itu, pihak dari Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Timur (Jatim) langsung turun tangan menangani permasalahan lonjakan calon penumpang yang akan menyeberang dari Pelabuhan Gresik ke Pulau Bawean atau sebaliknya.

Petugas Dishub Jatim Muhammad, hari ni, bersama beberapa petugas lainnya terlihat turun ke Gresik ikut membantu kelancaran penyeberangan antar kedua pulau tersebut. Apalagi saat ini masih terdapat ratusan calon penumpang yang terlantar di Gresik.

Kendati tadi pagi sudah ada kapal bantuan milik Dharama Lautan Utama, KM Satya Kencana III, yang berangkat dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dan singgah ke Bawean, namun rupanya masih banyak calon penumpang yang tak kebagian tiket.

Karena cuaca membaik, hari ini Selasa (29/8/2017), pihak Dishub Jatim bersama kedua operator kapal yang melayani rute penyeberangan ke Bawean serta pihak Syahbandar Gresik menggelar rapat terkait keberangkatan dua kapal besok Rabu (30/8/2017).

“Sesuai jadwal besok Rabu yang berangkat ke Bawean yakni kapal Natuna Express, tapi karena sekarang emergency banyak warga Bawean yang ingin berhari raya di Bawean, maka dua kapal harus diberangkatkan,” kata Muhammad di depan warga Bawean yang antri tiket di kantor Express Bahari, Jalan Panglima Sudirman, Gresik.

Kepala Cabang PT SIM, operator kapal cepat Express Bahari, Refen mengatakan, pihaknya siap jika besok diberangkatkan untuk melayani warga yang sempat tertahan di Gresik akibat cuaca buruk yang melanda perairan Gresik beberapa hari ini.

Sementara itu, Buruddin, warga Bawean mengaku sudah menunggu di kantor operator kapal Express Bahari sejak pukul 10.00 WIB pagi hanya untuk mengantri tiket. Tapi sayangnya, penjualan tiket kapal tersebut baru akan di buka nanti sore.

“Saya antri tiket kapal Bahari karena saat hendak membeli tiket Natuna yang akan berangkat besok ternyata sudah habis tiketnya,” ujar bapak dua anak tersebut. (amn)