Tingkatkan Kinerja, DPRD Gresik Ikuti Workshop

0
40 views
DPRD Kabupaten Gresik. (Foto: Dok. Berita Gresik/Kurniawan)

BeritaGresik.com – Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Gresik mengikuti workshop di Hotel Savana, Malang. Workshop dengan tema “Peningkatan Fungsi DPRD Dalam Aplikasi Sistem ePlanning, eBudgeting dan eControlling” itu untuk meningkatkan kinerja dan fungsi legislatif.

Ketua DPRD Kabupaten Gresik, Abdul Hamid membenarkan, bahwa seluruh anggotanya telah mengikuti workshop. “Ya benar anggota dewan megikuti kegiatan workshop selama tiga hari. Kegiatan ini di lakukan agar anggota legislatif bisa lebih baik lagi dalam melaksanakan fungsi dan tugasnya,” kata Hamid, Rabu (29/3/2017).

“Kami berharap dengan kegiatan workshop ini, semua anggota DPRD Gresik bisa menjalankan tugas-tugasnya semakin baik. Terutama dalam membuat perencanaan, anggaran serta melakukan pengawasan terhadap kinerja eksekutif,” imbuhnya.

Sementara Anggota Fraksi PAN DPRD Gresik, Faqih Usman mengaku ia bersama seluruh anggota legislatif lainnya telah mengikuti workshop. “Kegiatan ini sangat positif dan berguna bagi anggota Dewan. Sebab, workshop itu memberikan pelajaran, wawasan hingga ide dalam membuat rencana, penganggaran hingga pengawasan yang lebih akurat,” katanya.

Hal senada juga di sampaikan oleh Anggota Fraksi PDIP DPRD Gresik, Noto Utomo. Ia menuturkan bahwa workshop yang diikutinya telah memberikan masukan yang sangat berharga untuk bisa diterapkan dalam menjalankan fungsi dan tugasnya.

“Dari kegiatan workshop ini, saya bisa mendapatkan ilmu baru terkait persoalan legislasi. Banyak pelajaran berharga yang bisa saya dapatkan di sini. Baik tentang membuat planning yang bagus dan tidak ribet, membuat anggaran yang tepat serta metode pengawasan yang akurat,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, metode meningkatkan fungsi dan tugas DPRD yang baik melalui aplikasi telah banyak didapat dalam kegiatan ini. Dalam kegiatan ini, Dewan mendatangkan beberapa narasumber seperti, Ismail Amir Direktur Forum Indonesia Untuk Transparansi Anggaran (FITRA), Dr. Sugeng Hariyono Kepala Pusat Data dan Sistem Informasi Kemendagri serta Akedemisi dari Universitas Muhamadiyah Malang.

Ada banyak materi yang diberikan pemateri terkait tugas dan fungsi DPRD Gresik, termasuk persiapan yang akan dilakukan dalam menyikapi Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati tahun 2016.

“Bahkan dalam workshop ini, anggota dewan juga mendapatkan banyak pencerahan terkait UU Nomor 23 Tahun 2014, tentang Pemerintah Daerah yang di dalamnya mengatur tentang kedudukan sejajar antara kepala daerah dan DPRD dalam penyelenggaraan pemerintahan,” pungkasnya. (wan)