2021, PDRB Gresik Ditarget Capai Rp83 Triliun

0
60 views
Musrenbang Kabupaten Gresik Tahun 2018. (Foto: BG)

BeritaGresik.com – Bupati Gresik Sambari Halim Radianto menargetkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Gresik mencapai Rp83 triliun di akhir masa jabatannya pada 2021 mendatang. Bupati dua periode itu optimistis target itu akan tercapai.

Hal itu disampaikan Bupati Sambari ketika membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Gresik tahun 2018 yang berlangsung di Ruang Mandala Bakti Praja, Kantor Pemkab Gresik, Rabu (29/3/2017).

“Saat awal saya menjabat dahulu tahun 2010, PDRB Gresik hanya Rp7 triliun setahun. Pada tahun 2015 PDRB kita mencapai Rp 23 triliun. Sesuai itung-itungan perkiraan kita pada tahun 2021 PDRB kita akan meningkat sampai Rp83 triliun.

Sambari menjelaskan, nilai itu disumbang bidang manufaktur sebesar 49%. Saat ini di wilayah Kabupaten Gresik tercatat ada 6.000 lebih industri dan 53 diantaranya termasuk industri besar. Dari jumlah itu sekitar 1.383 Industri berorientasi ekspor.

“Mereka telah berhasil secara intens melakukan ekspor hasil produksinya. Dengan demikian manufaktur di Gresik telah berhasil menyumbangkan devisa untuk negara,” tambahnya bangga.

Musrenbang kali ini membahas Rencana Kerja Pemerintah Daerah tahun 2018. Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 300 orang peserta. Mereka terdiri dari jajaran pemerintah daerah, anggota legislatif dan sejumlah elemen lain di Kabupaten Gresik.

Kepala Bappeda Kabupaten Gresik, Tugas Husni Syarwanto melalui Kabag Humas dan Protokol Suyono menyebutkan, ada enam skala prioritas pembangunan yang dibahas dalam rancangan RKPD 2018, yaitu penguatan layanan dasar kesehatan dan pendidikan.

Kemudian, juga membahas pembangunan berwawasan lingkungan dengan ketersediaan air minum layak, pengentasan kawasan kumuh, pelayanan sanitasi dasar, konektivitas daerah, permukiman inklusif dan pengendalian banjir. (sdm/as)