Tempati Tanah Desa, Bangunan Liar di Randuagung Dibongkar Paksa

0
3,602 views
Sejumlah bangunan liar yang berdiri di atas tanah milik desa Randuagung, Kebomas, Gresik, dibongkar paksa. (Foto: BG/Amn)

BeritaGresik.com – Ratusan warga desa Randuagung, kecamatan Kebomas, Gresik, membongkar paksa sejumlah bangunan liar yang berdiri di atas tanah milik desa setempat, tepatnya di sisi barat pemakaman Randuagung, Minggu (29/1/2017).

Sebelum pembongkaran paksa ini dilakukan, pihak desa Randuagung sudah melayangkan surat peringatan kepada para penghuni bangunan sejak 2016. Namun demikian, penghuni bangunan liar tersebut tetap tak menghiraukannya.

Sedikitnya terdapat sekitar lima bangunan liar yang berdiri di atas lahan milik desa Randuagung tersebut. Bangunan ilegal itu terdiri atas beberapa rumah dan warung.

Kepala Desa (Kades) Randagung Suaibah mengatakan, pihaknya terpaksa membongkar bangunan yang didirikan di atas tanah desa. “Tanah tersebut akan dijadikan makam, karena lahan yang ada sudah penuh,” kata Suaibah.

Menurut dia, pengosongan lahan sengaja melibatkan warga sekitar yang berjumlah ratusan orang untuk membantu memindahkan barang-barang milik penghuni bangunan liar, agar tidak rusak dan masih bisa dipakai lagi.

Pembongkaran bangunan liar mendapat penjagaan ketat dari petugas Satpol PP Pemkab Gresik, TNI dan Polisi. Mereka berjaga-jaga di sekitar lokasi untuk mengantisipasi adanya perlawanan dari penghuni rumah. (amn/wan)