Pura-pura Jadi Pembeli, Pria Ini “Sikat” HP Warga di Cerme Gresik

0
23 views
Tersangka pencuri HP warga di salah satu toko sepatu di Cerme, Gresik. (Foto: BG/Kurniawan)

BeritaGresik.com – Seorang pencuri handphone (HP) berhasil diamankan oleh jajaran Polsek Cerme, Gresik, Kamis (28/9/2017). Pelaku yang berhasil diamankan tersebut bernama Abdul Mukti (43), warga Desa Jatipurwo 4B Rt7 Rw 17, Kecamatan Semampir, Kota Surabaya.

Selain mengamankan pelaku, pihak kepolisian juga menyita barang bukti berupa satu buah HP merk Samsung J1 Ace berwarna putih yang dicuri pelaku.

Kapolsek Cerme AKP Tatak Sutrisna mengatakan, kejadian tersebut bermula ketika pelaku Abdul Mukti bersama temannya Arifin (DPO) menyambangi Toko Nova Shoes di Desa Cerme Lor, Kecamatan Cerme, Gresik, sekitar pukul 12.00 Wib.

Saat itu, pelaku masuk ke dalam toko dengan berpura-pura akan membeli sandal. Namun setelah korban lengah, pelaku Arifin mengambil HP korban bernama Nurum Mardiyah, warga Dusun Gadel, Balongpanggang, yang disimpan di laci.

Kemudian, setelah berhasil mengambil HP korban, Arifin menyerahkannya kepada Abdul Mukti. Lalu, kedia pelaku berusaha untuk melarikan diri dengan mengendarai sepeda motor Yamaha Mio warna hitam.

“Namun karena korban berteriak maling-maling, dan karena saat itu terdapat anggota yang melakukan patroli di sekitar lokasi, akhirnya berhasil menangkap Abdul Mukti. Sedangkan Arifin berhasil melarikan diri,” terang AKP Tatak Sutrisna.

Akibat kejadian itu, korban mengalami kerugian materiil sebesar Rp 1,4 juta. Korban pun melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Cerme, dengan nomor: LP/16B/IX/2017/Polsek Cerme tanggal 28 September 2017.

Saat ini tersangka pelaku pencurian HP tersebut diamankan di Polsek Cerme guna mempertanggungjawabkan perbuatannya. Pelaku dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan. (wan)