Atasi Masalah Sampah, Pemkab Gresik Akan Bangun 1200 TPS

0
23 views
Bupati Gresik Sambari Halim Radianto saat mengecek kelayakan kendaraan pengangkut sampah. (Foto: BG/As)

BeritaGresik.com – Bupati Gresik Sambari Halim Radianto mendadak memerintahkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sumarno untuk mengumpulkan kendaraan pengangkut sampah. Tak kurang dari satu jam, puluhan kendaraan pengangkut sampah pun berjejer rapi di halaman kantor Bupati Gresik, Kamis (28/9/2017).

Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Gresik Suyono mengungkapkan, berdasarkan data yang dihimpun, total terdapat sekitar 31 kendaraan roda enam pengangkut sampah, baik yang bersifat knockdown (jomplang) maupun permanen.

Menurut dia, Bupati mengumpulkan kendaraan pengangkut sampah tersebut tujuannya untuk mengecek kelayakan kendaraan yang beroperasi. Mengingat anggaran untuk perawatan kendaraan-kendaraan tersebut juga lumayan besar.

“Sengaja pak Bupati mengumpulkan puluhan kendaraan pengangkut sampah ini untuk dicek, layak atau tidak kendaraan pengangkut sampah tersebut untuk beroperasi,” ujar Suyono.

Terkait hal itu, Bupati Gresik Sambari Halim Radianto mengungkapkan bahwa puluhan kendaraan pengangkut sampah tersebut kondisinya masih bagus dan layak untuk digunakan. Meski begitu, masih perlu dilakukan perawatan dan perbaikan di sejumlah bak pengangkut.

“Semua sudah ada anggarannya, tinggal OPD terkait harus bisa merealisasikan,” ujar Sambari.

Sementara itu, masyarakat juga masih mengeluhkan minimnya tempat pembuangan sampah (TPS), terutama di wilayah pedesaan. Guna mengatasi permasalahan tersebut, Bupati Sambari mengatakan bahwa pada 2018 mendatang akan dibangun 1 TPS di setiap desa.

Di Kabupaten Gresik terdapat 330 desa dan 914 dusun yang tersebar di 18 kecamatan. “jadi, kurang lebih ada 1200 TPS yang akan dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Gresik untuk mengatasi permasalahan masyarakat yang masih kesulitan dalam membuang sampah,” ucapnya.

Selain itu, tahun depan Pemkab juga akan menambah 5 kendaraan pengangkut sampah. Saat ini total keseluruhan kendaraan pengangkut sampah berjumlah 31 kendaraan. Sehingga nantinya masing-masing kecamatan punya 2 unit kendaraan pengangkut sampah.

Sambari juga berharap keterlibatan Kepala desa, Kepala Kelurahan dan masyarakat untuk lebih menjaga kebersihan dan memanfaatkan TPS yang akan dibangun oleh pemerintah dengan sebaik mungkin.

“Harapan kami sudah tidak ada lagi keluhan masyarakat yang kesulitan dalam membuang sampah,” imbuhnya. (as)