Polres Gresik Gerebek Gudang Beras Pakai Deterjen

0
443 views
Petugas saat memeriksa beras yang dibersihkan menggunakan deterjen di Cerme. (Foto: BG)

BeritaGresik.com – Aparat Polres Gresik melakukan penggerebekan sebuah gudang beras yang diduga menggunakan deterjen agar beras tanpak putih di Dusun Terongbangi, Desa Kandangan, Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik, Minggu (28/5/2017).

Gudang penggilingan beras itu diketahui milik S (43), warga asal Terongbangi, Desa Kandangan, Kecamatan Cerme. Pelaku mencampurkan cairan pencuci piring pada beras yang di produksinya​, sehingga beras yang semula coklat berubah menjadi putih.

Wakapolres Gresik Kompol Wahyu P. Utama mengatakan, pelaku mengoplos beras menggunakan cairan pencuci piring merk Sunlight. Modua itu dilakukan agar beras yang diproduksinya laku di pasaran.

“Pelaku sudah melakukan kegiatan tersebut sejak tahun 2013 silam. Selain penggilingan padi, tersangka S juga menjual beras dengan merk Cendrawasih Spesial dan merk Ikan Paus,” terangnya.

Lebih lanjut, Kompol Wahyu menjelaskan, pelaku menggunakan dua tutup botol air meneral cairan deterjen yang dicampur air bersih sebanyak 14 liter. Kemudian, campuran itu diaduk dan dimasukkan ke dalam dua buah jerigen berukuran 5 liter.

Atas perbuatannya, tersangka dijerat pasal 136 huruf a dan b UU RI Nomor 18 Tahun 2012, tentang pangan, dengan ancaman pidana paling rendah 5 tahun kurungan atau denda paling banyak Rp10 miliar. (abr)