AMP Extension page

Terobosan dan Inovasi Camat Sangkapura Bawean Gresik Berbuah Manis

Camat Sangkapura Bawean Gresik Abdul Adhim didampingi Bupati Gresik Sambari saat menerima piala dan piagam dari Gubernur Jawa Timur, Sukarwo. (Foto: BG/As)

BeritaGresik.com – Senyum kebanggaan terkembang di wajah Camat Sangkapura Bawean Gresik, Abdul Adhim, ketika kecamatan yang dipimpinnya menyabet juara II lomba Sinergitas Pemerintahan tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2017.

Saat itu, Adhim didampingi Bupati Gresik Sambari Halim Radianto menerima piala dan piagam dari Gubernur Jawa Timur, Sukarwo pada upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Timur di halaman Kantor Gubernur, Jalan Pahlawan, Surabaya Jum’at (27/4/2018).

Penghargaan itu melengkapi prestasi yang dicapai sebelumnya, dimana Kecamatan Sangkapura juga telah dinobatkan sebagai Juara I dalam lomba Sinergitas Kinerja Kecamatan se Kabupaten Gresik tahun 2017.

Sejumlah prestasi itu tidak dicapai dengan mudah, tapi berkat kerja keras dan terobosan yang dilakukan Adhim sejak dipercaya menjabat camat di Kecamatan Sangkapura. Dia mengaku, selama ini dirinya hanya melaksanakan tugas yang diperintah Bupati dan Wakil Bupati Gresik.

“Prestasi yang kami raih ini tak lepas dari pembinaan terus menerus oleh Pemerintah Kabupaten Gresik. Saya hanya melaksanakan perintah Bupati dan Wakil Bupati sesuai undang-undang dan peraturan yang berlaku” ungkap Adhim.

Namun menurut Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Gresik Suyono, wilayah Kecamatan Sangkapura di Pulau Bawean mengalami kemajuan pesat di bawah kepemimpinan Adhim jika dibandingkan dengan kecamatan lain yang ada di wilayah Gresik, termasuk di Gresik daratan.

“Dengan segala keterbatasan karena terletak pada jarak 80 mil dari wilayah daratan Gresik, Kecamatan Sangkapura di Pulau Bawean sudah melaksanakan pelayanan masyarakat satu pintu. Sistim Keuangan Desa (Siskeudes) sudah tersambung online ke kecamatan. Selain itu, banyak sekali terobosan yang dibuat,” papar Suyono.

Tak hanya itu, berdasarkan informasi Kepala Bagian Pemerintahan Yusuf Ansori kepada Humas Pemkab Gresik, Abdul Adhim banyak melakukan terobosan di bidang sosial kemasyarakatan. Adhim disebut sosok camat peduli rakyat miskin.

Adhim juga sering melakukan blusukan ke rumah-rumah warga miskin yang ada di desa seperti yang pernah dilakukan Bupati dan wakil Bupati Gresik. Dari blusukan tersebut, dia tau persis keluhan warga dan peta masyarakat keluarga miskin di wilayahnya.

“Bahkan, dia sering mengirim warga miskin yang sakit ke rumah sakit dengan biaya yang dia kumpulkan dari warga Bawean yang mampu. Bahkan dia mengaku pernah menghasilkan 50 juta dari dana yang dikumpulkan dari warga yang berada di luar Bawean untuk biaya operasi salah seorang pasien gakin,” terang Suyono.

Sementara di bidang pariwisata dan lingkungan, Abdul Adhim terbilang sebagai pelopor. Dia sukses mengembangkan mangrove seluas 63 hektar di Desa Daun Sangkapura, perlindungan trumbu karang dan pengembangan pulau Noko Gili.

Terbaru, Abdul Adhim dikatakan sukses merenovasi pemandian peninggalan Pemerintah Belanda di desa Kebuntelukdalam yang sempat mangkrak menjadi pemandian yang layak dikunjungi para wisatawan saat ini.

Bupati Gresik Sambari Halim Radianto mengaku bangga atas prestasi yang diraih camat Sangkapura. “Saya bangga karena Kecamatan Sangkapura berhasil menyisihkan ratusan kecamatan di Jawa Timur. Ini prestasi yang luar biasa mengingat dia menjadi runer up di antara 664 Kecamatan se Jawa Timur,” katanya. (sdm/as)

No Response