KSPSI Gresik Dorong Pemkab Tekan Pengangguran

0
70 views
Pelantikan pengurus baru DPC K SPSI Kabupaten Gresik periode 2017-2022. (Foto: BG/Kurniawan)

BeritaGresik.com –¬†Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (DPC K SPSI) Kabupaten Gresik mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) untuk menekan tingkat pengguran terbuka (TPT) di Gresik.

Hal itu disampaikan Ketua Ketua Dewan Pimpinan Cabang K SPSI Kabupaten Gresik yang baru, Ali Muchsin, dalam acara pelantikan pengurus baru untuk masa bakti 2017-2022, di Hall lantai 2 Graha Sarana, Petrokimia Gresik, Kamis (27/4/2017).

Muchsin mengatakan, Kabupaten Gresik merupakan salah satu daerah surganya investasi. Hal itu secara kasat mata dapat dilihat dari semakin banyaknya industri atau pabrik perusahaan yang berdiri di wilayah Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

“Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah realisasi investasi PMA-PMDN sejak tahun 2014 adalah 18,73 triliun. Kemudia pada tahun 2015 sebesar 9,012 triliun,” ungkap Muchain.

Dengan jumlah realisasi investasi sebesar itu, terang Muchsin, harusnya TPT mengalami penurunan. Namun nyatanya, TPT di Kabupaten Gresik justru mengalami peningkatan dari 5,06 pada tahun 2014, lalu naik menjadi 5,67 tahun 2015.

“Ada sesuatu yang mungkin keliru, sehingga mendorong perlu ada terobosan yang dilakukan pemerintah daerah untuk mengurangi angka pengangguran tersebut,” ucapnya.

DPC K SPSI Kabupaten Gresik berharap dapat berkontribusi dalam pembangunan sebagai subjek pembangunan, bukan sebagai objek pembangunan yang ujungnya adalah kebermanfaatan investasi dan industrialisasi bagi masyarakat Gresik.

“Dalam periode lima tahun kedepan, pengurus DPC K SPSI Kabupaten Gresik akan melakukan langkah langkah konkret dengan penguatan internal organisasi, kaderisasi, kemandirian organisasi pendidikan, dan pelatihan termasuk usaha usaha rintisan bagi para pekerja yang memasuki usia pensiun,” pungkasnya.

Ali Muchsin ditetapkan sebagai ketua dan Subari ditetapkan sebagai sekertaris DPC K SPSI Kabupaten Gresik. Selain itu ada 15 pengurus lainnya. Mereka dilantik oleh Ahmad Fauzi, Ketua DPD K SPSI Provinsi Jawa Timur.

Pengurus baru ini hasil dari Konfercab DPC K SPSI di kantor Sekretariat Bersama (Sekber) 7 Maret lalu. Dari 7 Federasi serikat buruh yang bernaung di K SPSI Gresik, waktu itu mayoritas memilih Ali Muchsin menggantikan Suyanto. (wan)