Tahun 2016, Pengaduan Warga Gresik Capai 453 Kasus

0
95 views
Kantor Bupati Gresik. (Foto: Dok. Berita Gresik)

BeritaGresik.com – Asisten Administras Umum Setda Gresik, Siswadi Aprilianto menekankan kepada dinas instansi agar menyelesaikan setiap pengaduan di tingkat instansi. Itu disampaikan Siswadi dalam sosialisasi pengaduan masyarakat di Kantor Bupati Gresik, Selasa (28/2/2017).

“Selesaikan hal-hal yang kecil, karena kalau yang kecil tidak diselesaikan akan menjadi beban berat bagi kita,” kata Siswadi yang saat itu mewakili Sekda Pemkab Gresik.

Kegiatan yang di hadiri para pejabat eselon IV ini dinilai sangat penting, mengingat mereka adalah pejabat yang baru dilantik beberapa saat yang lalu. Siswadi meminta supaya pejabat yang baru disetiap instansi bisa menyelesaikan setiap keluhan dari warga.

Berdasarkan data yang masuk ke Bagian Humas Pemkab Gresik sepanjang tahun 2016 yang lalu, terdapat 453 pengaduan yang masuk. Dari jumlah itu, 396 kasus (87,4%) telah ditindak lanjuti. Sementara 57 kasus (12,6%) masih dalam proses.

“Pengaduan yang masih dalam proses ini karena terkait banyak hal, misalnya terkait pengaduan buruh, meminta pembangunan jalan, serta pengaduan keterlambatan penyelesaian KTP yang ternyata secara nasional ada kekosongan blanko,” kata Kepala Humas Pemkab Gresik Suyono.

Terkait tingginya angka keluhan warga, Direktur Lembaga Kajian Gresik Institute Ahmad Jidi mengatakan, pihaknya tidak heran jika belakangan ini Bupati Gresik kerap melakukan sidak ke bawahannya. Itu akibat tingginya angka keluhan warga.

Menurut dia, jika pada tahun 2016 ada 453 kasus keluhan resmi yang masuk ke bagian Humas Pemkab Gresik, berarti setiap harinya ada keluhan dari warga Gresik atas pelayanan publik di Kabupaten Gresik.

Dengan banyaknya keluhan seperti itu, kata Jidi, Bupati Gresik harus berani mengambil sikap terhadap bawahannya yang tidak bisa memberikan pelayanan dengan baik. “Kalau bupati tidak berani mengambil sikap, tentu saja yang rugi nantinya Bupati,” ucap Jidi. (amn)