Jembatan Ambrol, Jalan Alternatif Wringinanom-Mojokerto Terputus

Kondisi jembatan ambrol di Wringinanom, Gresik. (Foto: BG/Nul)

BeritaGresik.com – Sebuah jembatan di Desa Mondoluku, Wringinanom, Kabupaten Gresik ambrol. Namun hingga saat ini belum ada perbaikan sama sekali. Padahal, kerusakan terhitung sudah beberapa hari lalu.

Menyikapi kondisi itu warga pun mengeluh. Sebab jalan alternatif yang menghubungkan Kecamatan Wringinanom-Mojokerto itu terputus.

Dalam pantauan, terlihat lubang cukup panjang. Tepat di tengah-tengah jembatan. “Sudah beberapa hari lalu jembatan ambrol, sehingga tidak bisa dilewati,” kata Suar Nompo, salah satu warga setempat.

Karena tak kunjung adanya perbaikan, warga pun berinisiatif memasang papan kayu. Agar jembatan tetap bisa dilewati untuk aktivitas warga.

Namun warga khawatir. Papan kayu yang dipasang sewaktu-waktu bisa patah dan membahayakan pengendara saat melintas.

Menurutnya, jembatan tersebut sangat penting. Selain akses ke Mojokerto, juga menjadi satu-satunya jalan antar dusun di Desa Mondoluku. “Makanya warga swadaya memasang papan dan plakat besi, karena jembatan ini sangat penting bagi kami,” paparnya.

Diharapkan, pemerintah bisa segera memperbaiki. Sebab kewenangannya ada di kabupaten, bukan desa. “Desa katanya tidak bisa memperbaiki, karena termasuk jembatan kabupaten,” tuturnya.

Anggota DPRD Gresik Dapil Driyorejo-Wringinanom, Syaiful Fuad mengaku, bahwa pihaknya sudah menyampaikan keluhan warga kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Gresik. Namun sampai sekarang tidak ditindaklanjuti. “Sudah saya sampaikan karena jembatan ini sangat penting,” ujarnya.

Pihaknya tak hanya tinggal diam. Kondisi demikian akan segera disampaikan kepada Komisi III DPRD Gresik, untuk segera memanggil DPUTR Gresik. “Kasihan anak-anak disana, kesulitan kalau mau ke sekolah,” tambahnya.

Di lain pihak, Kepala Dinas PUTR Kabupaten Gresik, Gunawan Setiaji belum bisa dikonfirmasi. Saat dihubungi melalui telefon selulernya oleh awak media tidak dijawab. (nul)

No Response