Pantai Kroman Gresik Jadi Lautan Sampah

0
79 views
Pantai di Desa Kroman, Kecamatan Gresik, dipenuhi tumpukan sampah. (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.com – Kondisi pesisir pantai di Desa Kroman, Kecamatan Gresik, yang sangat memprihatinkan kini kembali dipenuhi tumpukan sampah, baik sampah rumah tangga maupun sampah industri.

Sampah tersebut dibiarkan berserak dan menumpuk di pinggir pantai. Berbagai jenis sampah mulai dari streofom, aneka plastik dan kayu terlihat menutupi permukaan air laut. Pantai Kroman di Kecamatan Gresik saat ini berubah menjadi lautan sampah.

Mustakim (47), salah seorang warga setempat mengaku cukup prihatin dengan tumpukan sampah yang berserakan di sepanjang pantai Kroman. Kondisi terebut dikatakan belum mendapatkan perhatian serius dari pemerintah setempat.

“Volume sampah di pantai semakin bertambah akibat sampah yang sengaja dibuang oleh warga yang tidak bertanggung jawab,” kata Mustakim kepada BeritaGresik.com, Selasa (27/7/2017).

(Foto: BG/Wan)

Banyaknya sampah yang berada di pesisir pantai Kroman, Gresik, itu membuat lokasi tersebut telah menyerupai tempat pembuangan sampah ilegal. “Pantai kami kini menjadi TPA illegal,” ujar Mustakim.

Menurut dia, setiap hari kiriman sampah terus terjadi hingga menumpuk. Tumpukan sampah tersebut membuat kondisi pantai Kroman semakin rusak, karena sampah dari berbagai jenos tersebut sulit dikelola.

Kondisi ini, menurut Mustakim, sudah terjadi beberapa tahun dan tidak pernah ada solusi serta perhatian serius dari Pemerintah Kabupaten Gresik “Pemerintah Kabupaten Gresik seolah-olah menutup mata terhadap kondisi ini, padahal hal ini telah terjadi bertahun-tahun, namun tidak pernah ada perhatian serius,” ucapnya.

(Foto: BG/Wan)

Masalah sampah itu, juga mengakibatkan kerusakan pesisir pantai Kroman semakin parah dan menyulitkan para nelayan untuk bersandar. “Bau busuk, lumpur sudah kami rasakan bertahun-tahun,” kata Muha, (40). (wan)