Aksi Solidaritas, PMII Gresik Demo Kantor PT Semen Indonesia

0
110 views
Puluhan mahasiswa dari organisasi PMII Gresik memggelar aksi demo di Kantor PT Semen Indonesia di Gresik. (Foto: BG/Amn)

BeritaGresik.com – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Gresik, Senin (27/3/2017), melakukan aksi demo di depan kantor pusat PT Semen Indonesia yang ada di Jalan Veteran, Gresik.

Aksi yang digelar puluhan mahasiswa di Gresik ini sebagai bentuk solidaritas atas aksi yang dilakukan oleh sejumlah warga di Kabupaten Rembang yang menolak pendirian PT Semen Indonesia di Desa Kendang, Rembang, Jawa Tengah.

Di depan kantor pusat pabrik penghasil semen itu, mahasiswa secara bergantian melakukan orasi sambil membentangkan beberapa spanduk yang berisi kecaman, dan tuntutan. Salah satunya spanduk bertuliskan “Semen Kejam Tak Tertandingi”.

Korlap aksi Rizal mengatakan, aksi demo ini digelar sebagai bentuk keprihatinan dan solidaritas terhadap warga Rembang yang menolak pendirian pabrik semen. Aksi solidaritas mahasiswa tersebut hanya berlangsung sekitar 30 menit.

Sebelum membubarkan diri, para pendemo ternyata berusaha menghindar ketika didekati Suparno, salah seorang karyawan Devisi Humas PT Semen Indonesia, yang berusaha menanyakan maksud dan tuntutan yang disampaikan pendemo.

“Saat di dekati ternyata pendemo langsung menghindar. Kita tidak tahu kalau mau ada demo dan maksud aksi demo karena memang tidak ada pemberitahuan. Biasanya kan ada pemberitahuan sehingga kita tau maksud dan tujuannya,” kata Suparno.

Aksi demo puluhan mahasiswa tersebut berjalan dengan lancar dan tidak sampai menganggu jalan. Beberapa polisi tanpak berjaga di lokasi. “Aksi mereka di depan kantor pusat Semen Indonesia tidak memiliki izin,” kata seorang petugas. (amn)