Peringatan Maulid Nabi Meriahkan Pelantikan Pengurus IPMABAYO

0
267 views
Peringatan Maulid Nabi dan Pelantikan pengurus IPMABAYO periode 2016-2018. (Foto: BG/Zr)

BeritaGresik.com – Jauh dari kampung halaman tidak membuat para mahasiswa asal Pulau Bawean yang kuliah di Yogyakarta melupakan tradisi Maulid Nabi Muhammad SAW ala masyarakat Bawean.

Bersamaan dengan pelantikan pengurus Ikatakan Pelajar dan Mahasiswa Bawean Yogyakarta (IPMABAYO), tradisi Maulid Nabi digelar di Aula Masjid Al-ghifari, Kota Gede, Yogyakarta, Minggu (25/12/2016) malam.

Selain puluhan mahasiswa asal Bawean, kegiatan bertajuk “Menjaga Tradisi Maulid di Zaman Kontemporer” ini juga dihadiri warga keturunan Bawean yang tergabung dalam Keluarga Bawean Yogyakarta (KBY).

Tak ubahnya tradisi yang biasa disaksikan di Pulau Bawean, peringatan Maulid Nabi yang digelar oleh  para mahasiswa ini juga menyajikan “Bherkat”, jajanan yang ditaruh pada wadah dengan hiasan bungah telur.

Sementara untuk tausiyah atau ceramah Maulid Nabi disampaikan oleh salah satu Abdi Dalem Kraton bagian Kemasjidan, Petilasan dan Makam Kraton, Kanjeng Mas Tumenggung (KMT) Abdul Ridwan.

Dalam ceramahnya, Ridwan menyinggung merosotnya nilai dan semangat umat islam dalam menjaga tradisi yang ada. Ia bahkan menceritakan dakwah Sunan Kalijaga yang mengajak masyarakat menonton wayang.

Peringatan Mulid Nabi dilanjutkan dengan pelantikan Pengurus IPMABAYO untuk periode 2016-2018. Kemudian diakhiri dengan pembagian berkat (bherkat). (zr)