Lomba Baca Doa Warnai Agustusan di Manyar Gresik

0
19 views
Lomba membaca doa-doa di Desa Sidorukun, Kecamatan Manyar, Gresik. (Foto: BG/As)

BeritaGresik.com – Beragam perlombaan diadakan masyarakat di Kabupaten Gresik dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-72, termasuk warga di Desa Sidorukun, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, Jumat (25/8/2017).

Jika umumnya lomba Agustusan digelar untuk menghibur masyarakat, perlombaan berbeda ditampilkan warga di Sidorukun, Manyar. Mereka mengadakan perlombaan yang memiliki nilai pembelajaran pafa anak-anak, yakni lomba membaca doa.

Bacaan doa yang dilombakan antara lain medoakan kedua orang tua, doa sesudah adzan, doa mensyukuri nikmat, doa memakai dan melepas pakaian, doa ketika bercermin, doa naik dan turun kendaraan, serta doa masuk dan keluar rumah.

Setidaknya ada 15 doa yang dilombakan. Kegiatan ini diikuti sekitar 25 peserta usia 6-9 tahun. Untuk bisa keluar sebagai juara, maka peserta harus hafal dan bisa meneruskan doa yang dinacakan dewan juri.

“Di antara 15 doa yang dilombakan, ada beberapa kriteria yang menjadi penilaian dewan juri, di antaranya ketangkasan dalam menjawab soal, kekuatan hafalan doa dan adab,” ujar juri ustadz Malik.

Untuk hadiah, ketua panitia lomba Adiputra Rahmatulloh mengaku telah menyiapkan tiga macam penghargaan yang akan diberikan kepada peserta lomba, yaitu piagam, tropi dan uang pembinaan. (as)