Peringati HKBN, BPBD Gresik Gelar Simulasi Hadapi Bencana

0
61 views
Simulasi kesiapsiagaan menghadapi bencana oleh BPBD Gresik. (Foto: BG/Kurniawan)

BeritaGresik.com – Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gresik menggelar simulasi menghadapi bencana dalam rangka Hari Kesiapsiagan Bencana Nasional (HKBN) 2017. Simulasi ini berlangsung di Akademi Kebidan Mandiri Gresik, Rabu (26/4/2017).

Kegiatan dengan tema “Membangun Kesadaran dan Kewaspadaan dalam Menghadapi Bencana” ini melibatkan banyak pihak, di antaranya mahasiswa, relawan, rumah sakit, perguruan tinggi dan organisasi perangkat daerah (OPD).

Kepala BPBD Kabupaten Gresik Abu Hasan mengatakan, simulasi siaga bencana tersebut digelar dalam rangka menyambut Hari Kesiapsiagaaan Bencana Nasional. Kegiatan itu sekakigus mematangkan kesiapan BPBD Gresik dalam menghadapi bencana.

“Kita gelar simulasi untuk memantapkan persiapan dalam menghadapi bencana. Masyarakat yang hidup di Gresik harus paham kondisi bencananya seperti apa. Maka masyarakat harus sadar dan memahami resiko bencana yang akan terjadi,” kata Hasan.

Dia menambahkan, simulasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan fisik dan kemampuan para anggotanya sekaligus sebagai pengetahuan bagi masyarakat. (wan)